4 Teh Khas Nusantara yang Wajib Kamu Diketahui

Hantoro, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 298 2274663 4-teh-khas-nusantara-yang-wajib-kamu-diketahui-TPd1w1MCOO.jpg Teh hijau. (Foto: Shutterstock)

MASYARAKAT Indonesia sangat menggemari minum teh. Setiap aktivitas kerap ditemani dengan sajian minuman teh. Teh seakan menjadi minuman yang bisa dinikmati sepanjang waktu. Baik pagi, siang, maupun malam hari.

Fakta itu bukanlah suatu yang baru, mengingat Indonesia adalah salah satu penghasil teh terbesar di dunia. Banyak perkebunan teh tersebar di Nusantara hingga muncul berbagai jenis. Berikut empat di antaranya yang menjadi teh khas Nusantara:

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan hasil pengolahan menggunakan peralatan sederhana tanpa fermentasi. Teh ini memiliki cita rasa dan aroma yang unik. Ketika dihirup ataupun diminum, teh ini akan terasa sedikit manis. Menyeduh teh ini pun sebaiknya menggunakan air bersuhu 70–75 derajat Celsius.

2. Teh putih

Teh ini hanya dipetik dalam waktu dua hari setiap tahunnya. Maka tak heran bila harga teh ini tergolong tinggi, sekira Rp1 juta per kilogram. Proses pembuatan teh putih masih secara tradisional dan alami tanpa fermentasi. Setelah dipetik, daun teh yang diselimuti bulu harus berwarna putih akan dilayukan dan dikeringkan segera dengan bantuan angin dan sinar matahari.

Teh putih. (Foto: Teastore)

3. Teh melati

Teh ini berasal dari teh hijau ini terbilang populer karena inilah jenis teh yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk membuat teh melati atau jasmine tea, teh hijau akan diproses lebih lanjut dengan daun melati sehingga menghasilkan aroma yang wangi.

4. Teh hitam atau teh merah

Teh yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari daun teh hitam. Cara pengolahannya terdiri dari beberapa tahap. Daun teh terlebih dahulu dibiarkan teroksidasi sekira 2–4 minggu untuk menghilangkan rasa pahit. Teh ini merupakan produk unggulan karena aromanya yang kuat dan paling banyak ditemui di Indonesia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini