Curhat Raisa Alami Mom Guilt, Kondisi Merasa Bersalah pada Anak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 481 2274170 curhat-raisa-alami-mom-guilt-kondisi-merasa-bersalah-pada-anak-k9o441Q0fi.jpg Raisa dan Hamish bersama Zalina (Foto : Instagram/@hamishdw))

Jika kita beranggapan bahwa Raisa adalah ibu yang sempurna untuk anak perempuannya, Zalina Raine Wyllie, maka jawabannya keliru. Sebab, istri dari Hamish Daud itu juga seorang manusia biasa yang punya kekurangan.

Seperti yang dikatakannya dalam acara virtual AQUA X Raisa: Moms Sharing Session, dia mengaku mengalami yang namanya kondisi 'mom guilt' atau merasa bersalah pada anaknya sendiri. Kondisi tersebut sayangnya tidak dijelaskan Raisa sejak kapan muncul.

"Sejujurnya aku mengalami mom guilt. Aku ngerasa bisa handle semuanya. Tapi, ada pikiran harusnya bisa lebih enggak sih ngasih stimulus ke anak aku kalau di rumah, harusnya aku melakukan tindakan ini. Jadi aku ngerasa bersalah," terang Raisa di acara tersebut, belum lama ini.

Jadi, saat di rumah dan memainkan peran sebagai ibu untuk Zalina, Raisa merasa apakah dirinya sudah memberikan yang terbaik untuk buah hatinya tersebut. "Ngerasa, apa udah cukup atau belum, ya, stimulus yang aku kasihin atau pelajaran yang aku kasihin," curhat Raisa.

Raisa

Mengacu pada Healthline, apa yang dialami Raisa ternyata banyak juga dialami ibu muda lainnya. Mom Guilt sendiri adalah perasaan tidak cukup berbuat baik sebagai orangtua ke anaknya, tidak melakukan hal yang benar ke anak, atau membuat keputusan yang dapat mengacaukan anak-anak dalam jangka panjang.

Baca Juga : Cantiknya Nia Ramadhani bak Ratu Cleopatra, The Real Princess!

Rasa bersalah seorang ibu ini biasanya bersifat sementara. Tapi, beberapa ibu merasa ketakutan ata beban di pundaknya hingga muncul perasaan panik dan mereka ingin segera memperbaikinya sekarang.

"Rasa bersalah seorang ibu ini banyak sumbernya, bisa dari rasa tidak aman secara pribadi, hingga pengaruh luar misalnya tekanan dari keluarga, teman, media sosial, atau faktor pemicu lainnya," tulis laman tersebut.

Lantas, apa yang bisa dilakukan ketika seorang ibu merasa mom guilt seperti yang juga dialami Raisa?

"Jaga diri Anda sendiri dulu, karena ketika Anda bisa menjaga diri, maka Anda bisa menjaga orang lain," tulis laporan itu.

Raisa

Perlu diingat, tekanan dari perasaan bersalah seorang ibu begitu luas, sehingga beberapa kasus sampai menghambat kemampuan Anda berperan sebagai orangtua. Jika kondisi rasa bersalah yang Anda rasakan semakin buruk hingga tercipta kecemasan, sebaiknya sampaikan kepada dokter Anda.

"Karena ini mungkin menunjukkan kondisi kesehatan mental yang leboh serius seperti kecemasan atau depresi pasca melahirkan," sambung laporan itu.

Catatan penting untuk semua ibu, perasaan bersalah ini semuanya ada di pikiran Anda dan Anda juga ang sepenuhnya mampu mengubahnya. Semuanya bekerja di alam bawah sadar dan karena itu diperlukan kepercayaan diri Anda sebagai ibu dalam setiap keputusan yang Anda ambil untuk keluarga Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini