3 Obat Ini Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 481 2274391 3-obat-ini-turunkan-risiko-kematian-akibat-covid-19-MhmINoz9rR.jpg Sakit Covid-19 (Foto: Videohive)

Studi terbaru menyatakan ada cara yang murah dan mudah diakses untuk mengurangi tingkat kematian Covid-19. Adalah dengan penggunaan tiga obat steroid yang banyak ditemukan di apotek.

Menurut meta-analisis dari tujuh studi berbeda tentang obat-obatan, ditemukan tiga obat murah dan mudah didapat yang ampuh turunkan risiko kematian hingga sepertiga dari pasien Covid-19 yang kritis.

 Obat Covid-19

Karena penelitian tersebut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun kini merekomendasikan rumah sakit untuk memberikan tiga obat murah tersebut ke pasien Covid-19. Penelitian ini dipublikasi dalam Journal of American Medical Association.

"Steroid adalah obat yang murah dan mudah didapat dan analisis kami telah memastikan bahwa tiga obat tersebut efektif dalam mengurangi kematian pasien Covid-19 kondisi parah," kata Jonathan Sterne, penulis utama studi.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

Menurut laporan New York Post, tiga obat murah tersebut ialah hidrokortison, metilprednisolon, dan dexametason. Ketiga obat ini diberikan ke pasien yang sangat sakit hingga mereka membutuhkan ventilator untuk menjaga oksigen tetap tercukupi.

Biasanya, sambung studi tersebut, pasien Covid-19 kondisi parah lebih mungkin meninggal, persentasenya 30 hingga 50 persen.

Studi ini mengamati 678 pasien yang diberikan steroid dan dibandingkan dengan 1.025 pasien yang disuntikkan plasebo. Kebanyakan dari subjek penelitian sudah dalam kondisi kritis dengan tanda mendapatkan tindakan ventilator.

Setelah satu bulan, 33 persen pasien yang diberikan steroid meninggal dunia, sementara itu pasien yang tidak diberikan steroid meninggal dunia dalam jumlah 41 persen. Dari hasil itu, para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan tingkat kematian secara keseluruhan mencapai 34 persen.

Obat-obatan murah itu bekerja dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh agar virus tidak menyerang paru-paru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini