Simak Pertolongan Pertama pada Perut Kembung, Tanpa Obat Loh

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 481 2274525 simak-pertolongan-pertama-pada-perut-kembung-tanpa-obat-loh-jjxJSmV2dC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERUT kembung memang membuat kita tidak nyaman, apalagi ketika menghambat kita berakitivitas. Perut kembung umumnya merupakan dampak dari banyaknya gas atau udara di dalam perut.

Makan terlalu cepat, sering mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda merupakan beberapa penyebab banyaknya gas atau udara di dalam perut. Selain itu, perut kembung juga dapat disebabkan oleh sering mengonsumsi makanan berlemak, sembelit, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol.

Kalau sudah begini, biasanya Anda langsung mencari obat anti-kembung. Tapi, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung tanpa minum obat.

Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan pijatan di titik tertentu pada perut. Seperti apa? Berikut penjelasan lengkapnya yang dikutip dari Timesofindia :

Titik Tekan 1

perut kembung

Meletakkan telapak tangan tepat di atas pusar itu adalah titik tekanannya. Kemudian tekan dan pijat titik tekanan searah jarum jam selama 1 menit.

Pijatan ini akan membantu mengurangi gas dalam perut. Jadi, perut kembung tidak akan menggangu aktivitas Anda.

Meski demikian, Anda perlu melakukan pijatan ini pelan-pelan, agar perut tidak terasa sakit.

Titik Tekan 2

  Titik Pijat

Kemudian letakkan satu jari di atas pusar ke titik tekanan. Lalu tekan dan pijat kembali titik tekanan searah jarum jam selama 1 menit.

Lakukan kembali pijatan di titik yang sama secara berlawanan arah jarum jam selama 1 menit. Pijatan ini akan membantu mengurangi retensi air dan menghilangkan sakit perut.

 

TitikTekan 3

Titik Tekan di perut

Letakkan satu jari di bawah perut untuk menemukan titik pijat searah jarum jam. Lakukan kembali dengan berlawanan arah jarum jam selama 1 menit.

Cara ini akan membantu menghilangkan gas lebih cepat dan meningkatkan aktivitas usus. Jadi, kini perut kembung sudah bukan masalah lagi, lakukan teknik pijat ketika masalah tersebut kembali datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini