Mitos Salah soal Perut Kembung, Kadang Bukan Penyakit Sepele Loh

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 481 2274567 mitos-salah-soal-perut-kembung-kadang-bukan-penyakit-sepele-loh-5PLDMTGDfK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI makanan berlemak, merokok, atau mungkin mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat perut kita kembung. Ketika perut kembung, melakukan aktivitas pasti tidak maksimal.

Meski bukan pertanda masalah serius, gangguan perut ini kadang membuat Anda tidak nyaman untuk beraktivitas. Bahkan, pada beberapa kasus perut kembung juga membuat orang kesulitan untuk tidur.

Tapi, ada banyak mitos perut kembung yang masih saja dipercaya banyak orang, padahal belum tentu benar. Melansir HelloSehat, ada beberapa mitos yang tidak benar terkait dengan perut kembung.

Kebanyakan makan garam bikin perut kembung

Anda mungkin pernah mendengar jika makanan asin bisa membuat perut kembung karena garam menahan kadar air di tubuh. Garam memang menahan simpanan air dalam tubuh (retensi air) sehingga menambah berat badan air, tapi tidak spesifik hanya menyebabkan perut kembung.

Berat badan air menyebabkan bagian tubuh membengkak, dan ini bisa terjadi di mana saja. Namun umumnya lebih sering di wajah serta pergelangan tangan dan kaki. Retensi air sangat jarang terjadi di saluran pencernaan atau area perut.

Perut kembung

Makanan tertentu sembuhkan perut kembung

Satu lagi mitos perut kembung yang sangat sering Anda dengar, yaitu ada makanan yang dapat meredakan perut kembung. Kenyataannya perut kembung hanya bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Jika perut kembung disebabkan oleh kenaikan asam lambung, maka obat maag yang bekerja mengurangi produksi asam lambung adalah cara ampuh mengatasinya.

Perlu Anda ketahui jika perut terasa kembung dan Anda mencoba untuk makan makanan tertentu, perut Anda bisa semakin terasa tidak nyaman. Bahkan, beberapa jenis makanan justru mengandung banyak gas yang bisa memperparah kondisi perut kembung Anda.

Perut kembung tidak diobati ke dokter

Meski gangguan ini cukup umum, tetap jangan anggap sepele perut kembung. Anda perlu waspada jika perut kembung sangat sering terjadi dan terasa sakit hingga menghambat aktivitas Anda terganggu.

Jika penyebabnya jelas karena minum terlalu banyak, makan terburu-buru, atau minum minuman bersoda maka cara mengatasinya adalah menghindari kebiasaan tersebut.

Sebaliknya, jika Anda tidak tahu pasti penyebab perut kembung yang sangat sering muncul, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Umumnya, ada berbagai masalah kesehatan yang bisa menyebabkan perut sering kembung, antara lain:

Menstruasi

Refluks asam lambung

Sembelit

Intoleransi laktosa

Penyakit celiac

Sebelum memutuskan pergi ke dokter atau tidak, pertimbangkan dulu seberapa parah gejala perut kembung yang Anda alami dan penyebabnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini