Tak Perlu ke Salon, Ini 5 Masker Alami untuk Rambut Rusak

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 611 2274383 tak-perlu-ke-salon-ini-5-masker-alami-untuk-rambut-rusak-oZX5L4MVmJ.jpg Merawat rambut (Foto: Pinterest)

Memiliki rambut yang indah, berkilau, lebat, dan sehat adalah impian semua orang, khususnya perempuan. Sebab rambut adalah bagian dari kepercayaan diri seseorang, baik yang mengenakan hijab atau tidak.

Namun kerap kali seseorang mengalami permasalahan pada rambutnya, dan harus menjalani perawatan yang biayanya cukup mahal, apabila melakukan perawatan ke salon. Tapi kamu jangan khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang bisa membuat rambutmu kembali indah dan sehat.

Dilansir dari Times Of India, berikut lima bahan alami untuk perawatan rambutmu. Mudah didapat dan hemat, apa saja?

 merawat rambut

1. Henna

Henna bukan hanya digunakan untuk memperindah kuku dan tanganmu saja, bahan alami ini juga bagus lho buat rambut. Caranya rendam henna yang dicampur dengan teh hitam semalaman. Saat pagi hari, tambahkan dua telur kocok, empat sendok teh dadih, jus setengah lemon dan satu sendok makan kelapa atau minyak zaitun.

Setelah itu, biarkan masker ini setidaknya selama dua jam sebelum mencucinya dengan air dingin untuk hasil terbaik. Gunakan sampo ringan.

2. Pisang

Pisang tidak hanya enak dimakan saja, buah satu ini juga bisa dijadikan masker untuk perawatan rambutmu. Bagaimana caranya? Hancurkan dua buah pisang matang hingga halus.

Kemudian tambahkan dua sendok makan mayones dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan dan biarkan rambut selama satu jam. Cuci rambut dengan air hangat, karena pisang dikenal dengan efeknya yang melembutkan pada rambut, masker ini sangat cocok untuk wanita yang memiliki rambut kusam dan kasar.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

3. Krim kelapa

Selain minyaknya, krim kelapa juga bagus buat rambutmu, yaitu dengan dijadikan masker. Caranya keluarkan semua krim di bagian bawah kelapa hijau yang empuk. Taruh di piring dan hangatkan sedikit. Pijat perlahan ke rambut dari akar ke ujung.

Setelah itu bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama satu jam. Cuci dengan sampo ringan dan biarkan rambut mengering secara alami. Jika dilakukan secara teratur, cara ini dapat membantu mengembalikan kilau rambutmu yang rusak dan juga membuatnya berkilau.

4. Alpukat

Selanjutnya, buah alpukat juga bisa dijadikan maasker untuk perawatan rambut yang alami. Hancurkan alpukat dan tambahkan mayones dengan perbandingan 1:2.

Karena teksturnya yang tebal dan berat, alpukat merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk menghaluskan rambut kering dan kusam. Oleskan campuran tersebut ke rambut, cuci bersih dengan air keran setelah tiga puluh menit.

5. Kentang

Tak ada yang mengira, kalau kentang juga bisa dijadikan masker untuk perawatan rambut. Caranya kupas satu buah kentang besar dan parut. Peras airnya ke dalam mangkuk. Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya. Aduk rata hingga campuran menjadi tekstur yang halus.

Kemudian pijat ke kulit kepala selama lima belas menit lalu biarkan masker selama dua jam sebelum dibilas. Masker ini membantu pertumbuhan rambut dan melawan rambut rontok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini