8 Tips Piknik Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 612 2274563 8-tips-piknik-aman-di-tengah-pandemi-covid-19-eg8fcrftFA.jpg Piknik di tempat sepi (Foto: Inst Nusapenidanatural)

Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan pariwisata harus terus berjalan demi bergeraknya roda perekonomian masyarakat. Para pelancong jugas sudah boleh berpergian untuk piknik.

Meski demikian, kalau kamu mau piknik, kamu harus benar-benar mengikuti protokol kesehatan ya. Nah, berikut ini tips aman piknik di tengah pandemi Covid-19.

 pantai yang sepi

1. Pilih destinasi yang sepi

Di tengah pandemi Covid-19 sebaiknya kamu memilih destinasi wisata yang sepi. Destinasi yang tak banyak dikunjungi masyarakat misalnya gunung yang tidak terkenal, atau danau, curug yang tidak terlalu disukai banyak orang. Intinya piknik anti mainstream.

2. Selalu bawa hand sanitizer

Hand sanitizer mungkin terdengar klise, namun benda ini dapat digunakan sebagai pengganti sabun dan air ketika Anda kesulitan menemukan wastafel, atau bahkan toilet di tengah pandemi.

3. Bawa masker cadangan

Kamu membutuhkan masker cadangan agar bisa untuk berganti. Sebab selama perjalanan seperti pesawat terbang maupun kereta, dikhawatirkan masker kotor, oleh karena itu bawalah masker cadangan.

Baca juga: Waspada! "Pesan Menakutkan" Bisa Buat WhatsApp Rusak

4. Hindari daerah wisata yang ramai

Misalnya Anda ingin piknik di pasar tradisional yang terkenal, misalnya seperti di Bali, coba hindari jam sibuk. Menghindari jam sibuk agar tidak bertemu dengan pengunjung lain.

5. Bawa bekal dan obat

Siapkan bekal makanan dan air yang cukup untuk perjalanan Anda. Disarankan membawa makanan yang tidak cepat basi, sebagai persiapan bila nantinya tidak ada restoran atau tempat makan buka. Jangan lupa membeli obat-obatan yang sekiranya dapat menunjang perjalanan kamu.

 

6. Hindari bepergian saat demam atau batuk

Saat kamu merasa demam atau batuk dan kesulitan bernapas, segera periksakan diri ke dokter. Bagikan riwayat perjalananmu sebelumnya kepada petugas medis dengan sejelas-jelasnya.

7. Hindari kontak dengan orang demam atau batuk

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan orang-orang yang sedang demam atau batuk. Selain itu, sering-seringlah membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik. Jika tidak memiliki cairan antiseptik, gunakanlah sabun khusus cuci tangan dan air mengalir.

8. Pakai masker dan faceshield

Hindarilah terlalu sering menyentuh hidung atau mulut. Oleh karena itu saat kamu piknik, sebaiknya pakai masker dilengkapi dengan faceshield.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini