Biar Semangat Beraktivitas, Yuk Makan Siang dengan Ikan Bumbu Kuning

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 298 2274799 biar-semangat-beraktivitas-yuk-makan-siang-dengan-ikan-bumbu-kuning-PZ9qK73T2u.jpg Ikan bumbu kuning (Foto : Instagram/@mega_dingding)

Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam. Itu sebabnya banyak orang yang menyukai ikan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan juga dapat membuat tubuhmu bugar sehingga dapat menjalankan aktivitas dengan lancar.

Selain itu, ikan juga dapat diolah menjadi berbagai macam menu masakan, salah satunya ikan bumbu kuning. Ikan bumbu kuning merupakan masakan berkuah sehingga tidak banyak mengandung minyak.

Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut Okezone berikan resepnya seperti dikutip dari akun Instagram @mega_dingding pada Rabu (9/9/2020).

Bahan-bahan:

Ikan Bumbu Kuning

- Ikan, cuci bersih, lumuri jeruk nipis dan garam, sisihkan

- 1 ruas jari lengkuas, memarkan

- 2 batang sereh, memarkan

- 1 ruas jahe, memarkan

- 3 lembar daun jeruk

- 1 lembar daun salam

- Cabai rawit (optional)

- Garam, merica, dan kaldu bubuk secukupnya

- Santan

- Tomat, potong-potong

Bumbu yang dihaluskan:

- 10 butir bawang merah

- 5 siung bawang putih

- 3 buah cabai merah besar

- 3 butir kemiri

- 1 ruas jari kunyit

Baca Juga : Cinta Laura Bergaya ala Boneka Timur Tengah, Tatapan Matanya Menusuk Kalbu!

Cara membuat:

- Goreng sebentar ikan. Tumis bumbu hingga harum, masukkan rempah-rempah, masak hingga bumbu matang dan berminyak, tuangkan air secukupnya.

- Masukkan ikan yang sudah digoreng tadi, tambahkan tahu yang sudah digoreng, bumbui dengan garam, kaldu bubuk, biarkan mendidih. Masukkan santan, didihkan, masak sebentar dengan api kecil sambil diaduk.

- Setelah kuah agak menyusut dan bumbu meresap, masukkan potongan tomat dan cabai rawit untuh. Koreksi rasa, tambahkan bawang goreng, dan sajikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini