4 Manfaat Jeruk Nipis yang Perlu Kamu Tahu

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 298 2275183 4-manfaat-jeruk-nipis-yang-perlu-kamu-tahu-emTdF3dONS.jpg Manfaat jeruk nipis (Foto: Tech Crunch)

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sangat asam. Meski demikian jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apalagi jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja sih manfaat jeruk nipis?

 jeruk nipis

1. Meningkatkan metabolisme

Jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini juga membantu untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Sempatkan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Pola makan yang sehat juga penting untuk menurunkan berat badan. Jangan lupa minum air hangat dicampur jeruk nipis.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit

Di tengah pandemi virus corona, sifat antioksidan dalam jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Jeruk nipis memiliki sifat asam yang membantu air liur memecah makanan agar pencernaan lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Jika kamu sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus. Minum segelas air hangat dengan dua sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

 Baca juga: Dokter Minta Skrining Covid-19 Tak Andalkan Rapid Test

4. Meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19

Minum air hangat yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membuatmu tetap sehat, apalagi di tengah pandemi virus corona seperti ini. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyakit. Jika sedang sakit, jeruk nipis juga dapat membantu penyembuhan lebih cepat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini