Begini Cara Mencuci Hidung di Rumah agar Terhindar dari Virus

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 481 2274915 begini-cara-mencuci-hidung-di-rumah-agar-terhindar-dari-virus-Vp0Bia1JcZ.jpg Virus bertebaran (Foto: Le Devoir)

Teknik mencuci hidung saat ini memang belum populer untuk dilakukan di masyarakat. Meski demikian tindakan ini aman dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Spesialis THT-KL SMC RS Telogorejo, dr. Rosa Putrie Sp.THT-KL menegaskan, sejatinya banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kebiasaan ini. Selain itu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cuci hidung juga sangat mudah untuk ditemukan.

tisu

Pada kesempatan tersebut, dr. Rosa pun menjelaskan macam-macam alat yang diperlukan serta beberapa langkah mudah untuk melakukan cuci hidung secara mandiri di rumah.

Alat yang diperlukan:

1. Larutan NaCl fisiologis infus yang dapat dibeli di apotikĀ  terdekat

2. Gunting

3. Mangkuk bersih

4. Spuit atau suntikan 20CC

5. Baskom

6. Tisu

Cara mencuci hidung:

1. Sebelum melakukan tindakan cuci hidung sebaiknya dilakukan dengan tangan yang bersih setelah cuci tangan.

2. Buka NaCl dengan gunting, kemudian tuang NaCl ke mangkuk bersih.

3. Buka spuit 20CC steril, kemudian ambil NaCl dengan spuit pada mangkuk.

4. Untuk mencuci hidung sebelah kanan , gunakan tangan kanan kemudian kepala miring ke kiri 45 derajat, dorong spuit perlahan ke hidung dan jangan lupa untuk bernafas lewat mulut. Seka hidung dengan tisu.

5. Untuk tindakan cuci hidung kiri gunakan tangan kiri masukan spuit ke hidung kiri dan dorong isi spuit dan jangan lupa untuk bernafas lewat mulut. Seka hidung dengan tisu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini