Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Meningkatkan Risiko Kamu Terkena Flu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 481 2274989 hindari-5-kebiasaan-buruk-yang-meningkatkan-risiko-kamu-terkena-flu-4MekxVfCUY.jpg Risiko terkena flu (Foto: Popular science)

Flu atau pilek merupakan penyakit yang umum terjadi. Sejatinya penyakit ini bukan tergolong sebagai penyakit yang berisiko kematian. Namun flu merupakan penyakit yang cepat menyebar, ini karena flu diakibatkan oleh virus.

Jika Anda memiliki kebiasaan yang buruk, maka risiko terkena flu akan semakin tinggi. Melansir Boldsku pada Rabu (9/9/2020), berikut 5 kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat meningkatkan risiko kamu terkena flu.

 perlu sering cuci tangan

1. Tidak menjaga kebersihan tangan

Menjaga kebersihan tangan adalah aturan dasar untuk tetap sehat. Ini mengurangi penggandaan mikroorganisme dan mengurangi risiko infeksi. Menurut CDC, tangan harus dibersihkan dengan benar dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol sebelum makan, setelah menggunakan toilet atau setiap kali terlihat kotor.

Ini karena kita menyentuh mulut dan hidung dengan tangan beberapa kali sehari, yang memungkinkan patogen masuk langsung ke dalam tubuh kita melalui selaput lendir ini.

2. Tidak tidur nyenyak

Durasi tidur yang lebih pendek dan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan penurunan kekebalan yang signifikan dan membuat kita mudah terkena flu. Ini juga terkait dengan resistensi yang lebih rendah terhadap penyakit.

Kurang tidur menyebabkan penurunan sel pembunuh alami dan produksi interleukin-2 yang ditekan yang membantu mengatur aktivitas sel darah putih. Dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam sehari.

 Baca juga: Dokter Minta Skrining Covid-19 Tak Andalkan Rapid Test

3. Stres

Beberapa percobaan eksperimental menunjukkan stres psikologis secara langsung terkait dengan peningkatan risiko penyakit menular, termasuk flu. Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, masalah sehari-hari dan emosi negatif dapat membuat seseorang rentan terkena flu akibat terganggunya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Hindari stres dengan berlatih meditasi atau teknik relaksasi pikiran lainnya. Juga, cari dukungan emosional, makan makanan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

4. Suka menggigit kuku

Jari-jari kita dua kali lebih kotor dari tangan. Menggigit kuku memungkinkan infeksi seperti bakteri dan serbuk sari langsung masuk ke mulut dan kemudian tubuh kita. Ini meningkatkan kemungkinan terkena flu dengan mudah. Hindari kebiasaan menggigit kuku dan jaga agar tetap pendek dan bersih.

5. Kurang air minum

Tidak minum cukup air Air memiliki pengaruh besar pada sistem kekebalan karena peran pentingnya dalam fungsi sel. Tetap terhidrasi dapat membuat tubuh berenergi, sistem kekebalan berfungsi dan juga membantu membersihkan semua patogen dari tubuh yang dapat menyebabkan flu. Sesuaikan jumlah kebutuhan air Anda berdasarkan kondisi berat badan dan juga aktivitas yang dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini