Tips Bersihkan Sepatu dan Tas Suede, Biar Tak Cepat Rusak!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 194 2275369 tips-bersihkan-sepatu-dan-tas-suede-biar-tak-cepat-rusak-JPKWHJ7WD2.jpg Tips merawat sepatu (Foto : Timesofindia)

Memiliki sepatu atau tas berbahan suede bisa dibilang riskan terhadap kerusakan. Ini karena bahannya yang terbilang mudah menyerap sehingga agak sulit dibersihkan ketika terkena noda.

Selain itu, menyikat sepatu atau tas berbahan suede yang terkena noda terlalu kencang dapat membuat bahan suede mengelupas. Jika sudah demikian, Anda tentu tak mau lagi menggunakannya bukan?

Karenanya, sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda mempelajari cara membersihkan sepatu atau tas berbahan suede dengan benar agar dapat bertahan lebih lama. Melansir Times of India pada Kamis (10/9/2020), berikut caranya.

Mulailah dengan menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dan pasir

Merawat Tas dan Sepatu

Menyikat kering adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan. Anda bisa menggunakan sikat gigi atau bahkan sikat kuku untuk membersihkan kotoran.

Baca Juga : Aurel Hermansyah Berbusana Ketat di Pantai, Netizen: Waw Ada Bidadari!

Gunakan penghapus berbahan suede untuk menghilangkan noda

Merawat Tas dan Sepatu

Untuk noda tertentu, Anda juga bisa menggunakan penghapus berbahan suede, yang mudah didapat secara online. Anda juga bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan noda.

Untuk noda membandel, coba gunakan cuka putih

Merawat Tas dan Sepatu

Untuk noda kering dan membandel, Anda bisa menggunakan cuka putih untuk membersihkan noda membandel. Oleskan sebagian cuka putih pada noda dan gosok dengan kain. Ulangi proses ini sampai noda hilang.

Oleskan bedak pada noda cair

Merawat Tas dan Sepatu

Jika Anda telah menjatuhkan sedikit cairan pada aksesori suede Anda, tepuk cepat dengan handuk atau tisu tebal. Lalu aplikasikan selapis bedak pada noda dan diamkan semalaman.

Setelah bedak mengering, Anda dapat dengan mudah menyikatnya. Jangan pernah membersihkan suede Anda dengan air karena dapat merusak tekstur dan warnanya.

Lindungi dengan semprotan khusus

Merawat Tas dan Sepatu

Untuk mempertahankan suede dalam jangka waktu yang lebih lama, gunakan semprotan pelindung untuk bahan suede. Ini akan membantu mencegah noda dan kotoran menempel di permukaan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini