Tak Selamanya Buruk, Ternyata Ini 3 Manfaat Jengkol Lho!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 298 2275743 tak-selamanya-buruk-ternyata-ini-3-manfaat-jengkol-lho-6ACRoljfuU.jpg Manfaat jengkol (Foto: Okezone)

Jengkol merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Buahnya berbentuk biji gepeng, dan mempunyai aroma menyengat yang sangat khas.

Di Indonesia jengkol biasa dikonsumsi sebagai lalapan, teman nasi seperti disemur, goreng, rendang tongseng dan lainnya. Bukan cuma nikmat ketika disantap, tapi juga menimbulkan bau usai makan jengkol lalu kencing.

Namun jangan khawatir, ternyata jengkol tak selamanya identik dengan bau menyengat yang buruk. Okezone merangkum berbagai manfaat jengkol yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

 jengkol

1. Mencegah penyakit maag

Bagi Anda yang punya masalah dengan lambung, maka penyakit mag akan kambuh dan membuat sakit perut pun melilit.

Maka dari itu konsumsi jengkol secara rutin, tapi tak harus setiap hari. Menurut sebuah penelitian, jengkol dapat mencegah penyakit maag.

Misalnya eksperimen dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa tikus yang makan jengkol cenderung terlindungi dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti maag.

2. Mencegah osteoporosis

Selain mengandung zat besi dan protein, di dalam jengkol juga terdapat kalsium dan fosfor yang dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Oleh karena itu, jika kamu sering memakan jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang jadi lebih kuat.

 Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 6 Tanda Kalau Pasanganmu Selingkuh

3. Merampingkan perut

Jengkol juga dapat membantu merampingkan perut buncit, lho karena terdapat kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Salah satu penyebab perut kembung ialah karena seseorang mengalami buang air besar tidak lancar dan tidak teratur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini