5 Manfaat Anggur Hitam bagi Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 298 2275821 5-manfaat-anggur-hitam-bagi-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-jUrCR8a0Qu.jpg Manfaat anggur (Foto: Bustle)

Anggur hitam rasanya manis, asam, dan menyegarkan. Makanya tak heran banyak orang menyukai, bahkan sering dikonsumsi sebagai jus anggur.

Nah, selain rasanya lezat dan menyegarkan, berikut ini berbagai macam manfaat anggur bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

 anggur hitam

1. Melindungi Jantung

Fitokimia yang ada dalam anggur hitam membantu mengurangi kerusakan otot jantung dan juga membantu mengurangi dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Ini mencegah serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Meningkatkan Penglihatan

Anggur hitam mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan karotenoid diketahui membantu menjaga penglihatan yang baik. Mengkonsumsi anggur hitam akan memberikan perlindungan yang signifikan dengan melindungi kerusakan oksidatif retina dan juga mencegah kebutaan.

3. Mencegah Kanker

Anggur hitam menunjukkan khasiat anti-mutagenik dan antioksidan yang sangat efektif dalam melawan semua jenis kanker, termasuk kanker payudara. Resveratrol, senyawa yang ditemukan dalam anggur hitam, mampu menghancurkan sel kanker.

4. Membuat Rambut Sehat

Anggur hitam mengandung antioksidan dan vitamin E yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, membalikkan kerontokan rambut yang berlebihan. Vitamin E ini dapat memperkuat, melembutkan dan mengurangi gatal pada kulit kepala dan karena itu mengurangi ketombe.

 Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 6 Tanda Kalau Pasanganmu Selingkuh

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi Anggur hitam kaya akan vitamin C, vitamin K dan vitamin A disertai dengan flavonoid dan mineral, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Buah anggur ini juga kaya akan gula dan asam organik yang membantu menghilangkan sembelit, gangguan pencernaan dan mengobati masalah ginjal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini