Hari Olahraga Nasional, Amankah Main Badminton saat Pandemi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 481 2275364 hari-olahraga-nasional-amankah-main-badminton-saat-pandemi-HWhjmo6tBB.jpg Ilustrasi (Foto : Focusnewspaper)

Tanggal 9 September kemarin adalah Hari Olahraga Nasional. Diperingati agar masyarakat rajin berolahraga demi menjaga kesehatan. 

Sehubungan dengan itu, olahraga menjadi aktivitas yang paling banyak dipilih selama pandemi virus corona Covid-19. Salah satu olahraga yang digemari masyarakat saat ini adalah badminton. Namun apakah olahraga ini aman untuk dilakukan.

Menjawab hal tersebut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.K.O mengatakan bahwa badminton termasuk olahraga yang tidak berbahaya untuk dilalukan selama pandemi Covid-19.

Badminton

“Kalau disebut berbahaya, tidak. Selama kita tahu siapa yang berhadapan dengan kita. Kalau untuk kelas atlet, mereka akan diperiksa menggunakan rapid dan swab. Sementara orang dari luar ditahan, tidak boleh masuk,” ungkap dr. Michael, dalam Instagram Live PDSKO, Rabu 9 September 2020.

Baca Juga : Aurel Hermansyah Berbusana Ketat di Pantai, Netizen: Waw Ada Bidadari!

Namun masyarakat yang bermain badminton biasanya tidak menerapkan protokol layaknya seorang atlet. Tapi dr. Michael menjelaskan bahwa bulutangkis adalah olahraga yang menjaga jarak cukup jauh, dan tidak ada kontak fisik antara pemain.

“Sementara kontak dekat jarang sekali kecuali netting, itu juga dibantu dengan panjang raket. Jadi risikonya cukup kecil. Tapi karena kita tidak tahu lawan bermain seperti apa, ini yang akan membuat permainan ini berpotensi menularkan covid-19,” lanjutnya.

Dokter Michael pun menambahkan bahwa risiko penularan Covid-19 saat bermain badminton mungkin bisa ditularkan juga lewat pemakaian kok yang digunakan secara bergantian. Meski demikian, jika semua protokol kesehatan diperhatikan, maka olahraga ini aman dilakukan bahkan tanpa menggunakan masker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini