5 Sayuran untuk Perkuat Tubuh dari Ancaman Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 481 2275815 5-sayuran-untuk-perkuat-tubuh-dari-ancaman-covid-19-YiAdsZHVIF.jpg (Foto: Healththoroughfare)

Sejak Covid-19 mewabah kekebalan tubuh manusia sangat menjadi perhatian. Berbagai macam asupan vitamin dikonsumsi supaya terhindar dari virus tersebut.

Dilansir dari laman Times Now News, demi menjaga risiko penyakit, beberapa nutrisi yang telah diteliti dan ditemukan sangat penting untuk kekebalan secara keseluruhan termasuk vitamin D, vitamin C, dan zat besi.

Berikut ini lima sayuran yang bisa membantu memperkuat kekebalan tubuhmu, khususnya di tengah Covid-19:

Kedelai

Kedelai adalah salah satu sumber zat besi yang perlu dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang diolah berasal dari kedelai, salah satunya adalah tahu.

100 gram kedelai mentah mengandung sekitar 15,7 mili gram (mg) zat besi. Kedelai bisa ditambahkan ke makanan dalam bentuk kari, sebagai camilan.

 Sejak Covid-19 mewabah kekebalan tubuh manusia sangat menjadi perhatian.

Baca juga: Kena Covid-19, Ini 3 Buah dan Makanan yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Lentil

Lentil, atau yang populer dengan sebutan Dal di India, yang juga merupakan makanan pokok di negara tersebut. Jenis kacang-kacangan ini juga kaya akan zat besi.

Secangkir lentil yang dimasak dapat menyediakan hingga 6 mg zat besi, yang memenuhi 37 persen dari kebutuhan harian nutrisi dalam tubuh.

Almond

Almond adalah salah satu kacang yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Satu ons almond mengandung 1 mg zat besi, yang memenuhi sekitar 6-9 persen dari kebutuhan harian tubuh. Almond juga kaya nutrisi seperti magnesium, potasium, dan fosfor.

Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun yang mudah ditemui, dan jadi bagian wajib dari pelengkap makanan.

Selain zat besi, bayam juga kaya serat dan vitamin C, yang menambah khasiat penambah kekebalan. 100 gram bayam mengandung sekitar 2,7 mg zat besi.

Kentang

Sebagian ada yang menghindari menhonsumsi kentang, karena kandungam karbohidratnya tinggi. Namun tak banyak juga yang menyadari bahwa jenis umbi-umbian ini kaya akan zat besi.

Satu buah kentang berukuran besar dapat mengandung hingga 3,2 mg zat besi, yang dapat menyediakan 18 persen dari kebutuhan harian nutrisi oleh tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini