Olahraga Tanpa Asupan Nutrisi Percuma, Kekuatan Otot Sulit Terbentuk

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 481 2275849 olahraga-tanpa-asupan-nutrisi-percuma-kekuatan-otot-sulit-terbentuk-bDkv9yHsKq.jpg Ilustrasi. (Foto: Heart)

SAAT Anda gemar berolahraga, jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi harian. Karena Anda lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi bergizi dari mulai karbohidrat, protein hingga lemak baik.

Sport Nutritionist Emilia Achmadi menjelaskan, asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang tubuh seseorang yang gemar berolahraga. Termasuk juga para atlet, nutrisinya wajib diperhatikan.

Baca Juga: Kena Covid-19, Ini 3 Buah dan Makanan yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

olahraga

“Olahraga untuk pembentukan dan kekuatan otot, maka fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein," ujar Emilia lewat keterangan resmi Winning Meals Kachimeshi Ajinomoto, Kamis (10/9/2020).

Untuk daya tahan tubuh, sambung Emilia, juga dibutuhkan pada asupan protein dan mikronutrisi, seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance pencinta olahraga.

Namun Emilia juga tak menampik bahwa cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat makanan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Tak ada salahnya untuk menambahkan bumbu yang bisa melezatkan makanan, seperti garam, merica, gula dan sebagainya.

Emilia menyebutkan, ada 5 rasa dasar yang dapat dideteksi oleh lidah manusia, manis, pahit, asam, asin, umami. Hal ini bisa dirasakan sejak manusia mengenal rasa.

"Saya rasa dengan penggunaan bumbu umami secukupnya, maka ini menjadi salah satu faktor penting dalam makanan yang dibutuhkan seseorang, terutama yang gemar olahraga,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini