Makan Garam 2-3 Gram Sehari, Tingkatkan Risiko Stroke 23%

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 481 2275860 makan-garam-2-3-gram-sehari-tingkatkan-risiko-stroke-23-mGA465Z65u.jpg Ilustrasi. (Foto: Medicalnewstoday)

MAKANAN yang mengandung tinggi zinc ternyata baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sebab, makanan tersebut bisa memperbaiki fungsi otak, sehingga menurunkan risiko stroke.

Dokter Spesialis Saraf Siloam Hospitals Surabaya, dr Yanna Saelan, SpS, mengungkapkan, pasien yang menerima suplementasi zinc harian (10 mg) selama 30 hari, memiliki pemulihan defisit neurologis yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Zinc memainkan peranan penting dalam fungsi otak, bertindak sebagai mediator signal neuron sentral.

Baca Juga: Kena Covid-19, Ini 3 Buah dan Makanan yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 makanan

"Namun hindari asupan garam 2-3 gram per hari, makin tinggi asupan garam makin tinggi risiko stroke meningkat 23%," ucap Dokter Yanna saat webinar kesehatan, baru-baru ini.

Sementara itu, sambung Dokter Yanna, keluarga pasien stroke harus mengontrol asupan makanannya. Sebab asupan nutrisi sangat mempengaruhi proses penyembuhan.

Asupan nutrisi diterangkan pada dua hal, yaitu makro dan mikro nutrisi. Selain itu, Dokter Yanna juga menagatakan bahwa asupan nutrisi lain yang penting untuk pasien stroke adalah protein dan lemak baik.

"Dibutuhkan asupan protein dengan kadar protein 15-20% total kalori, dalam kondisi sakit 1,5-2 gram/KgBB/hari. Dengan 50-60% total kalori, kondisi sakit 60-70% dan asupan Lemak sejumlah 20-30% dari total kalori", sebut Yanna.

Dokter Yanna menyebut bahwa asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan memperbanyak mengonsumsi ikan yang masih segar, juga buah dan sayur kaya serat. Jangan lupa ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini