Beautypedia: Pasta Gigi Sudah Dipakai Sejak 4.000 Tahun Lalu Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 611 2275515 beautypedia-pasta-gigi-sudah-dipakai-sejak-4-000-tahun-lalu-loh-Phe00CXf1X.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN membersihkan badan, menyikat gigi pun menjadi rutinitas yang wajib dilakukan sehari-hari. Umumnya, menyikat gigi membutuhkan sikat serta pasta gigi.

Ya, menyikat gigi dapat mengusir bau mulut, membersihkan plak pada gigi, serta membuat gigi tampak lebih bersih. Melihat manfaat baik yang ditawarkan oleh pasta gigi, sebenarnya benda apa itu?

Dilansir Okezone dari Medic8 pada Kamis (10/9/2020), pasta gigi adalah bahan sejenis gel atau pasta yang dioleskan pada sikat gigi untuk membersihkan gigi.

Baca Juga: Pesona Nora Alexandra, Istri Jerinx SID yang Cantik

pasta

Zat yang sebagian besar berwarna putih ini menghilangkan partikel makanan dan plak dari gigi Anda dan juga mencegah bau mulut (halitosis). Pasta gigi mengandung berbagai macam bahan, misalnya fluoride yang membantu melindungi gigi dari kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Pasta gigi adalah bagian penting dari rutinitas perawatan gigi harian dan dokter gigi menganjurkan agar orang menggunakannya dua kali sehari.

Idealnya, Anda akan menyikat gigi setelah setiap makan tetapi jika tidak melakukannya, dua kali sehari sudah cukup.

Apa sih isi pasta gigi?

Anda akan menemukan banyak sekali pasta gigi yang mengandung bahan yang sama tetapi beberapa produk akan memiliki penekanan tambahan pada bahan tertentu. Salah satu contohnya adalah penyedap rasa tertentu seperti mint.

Pasta gigi terdiri dari beberapa bahan seperti natrium alginat, kapur, atau soda kue. Senyawa berbahan dasar busa ini membantu menghilangkan sisa makanan dari gigi, misalnya natrium lauril sulfat.

Selain itu, terdapat bahan yang disebut 'humektan' yang memastikan pasta gigi lembap. Penyedap rasa seperti mint mengandung anti bakteri seperti mencegah penyakit gusi.

Bahan-bahan ini ditimbang, dicampur bersama dalam tong besar dan dilewatkan melalui mesin pengisi dan dimasukkan ke dalam tabung. Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa pasta gigi memiliki sejarah yang panjang, salah satu yang berasal dari 4.000 tahun yang lalu!

Orang-orang kemudian menggunakan berbagai macam zat untuk membersihkan gigi mereka termasuk pasir, tulang ikan, dan garam! Baru pada akhir abad kesembilan belas pasta gigi pertama kali muncul dalam tabung dan pertengahan abad kedua puluh ketika fluorida ditambahkan ke pasta gigi untuk pertama kalinya.

Pasta gigi telah berkembang sejak saat itu dan tersedia dalam bentuk gel, pasta, dengan 'garis-garis' dll. Saat ini ada merek pasta gigi untuk memenuhi kebutuhan semua orang. Dan, bahkan ada pasta gigi untuk anjing, misalnya pasta gigi taring rasa hati! (DWK)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini