Ini 3 Masalah Utama Rambut Orang Indonesia dan Cara Mengatasinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 611 2275629 ini-3-masalah-utama-rambut-orang-indonesia-dan-cara-mengatasinya-UPG3AzaH53.jpg Merawat rambut (Foto: Smartplex atl)

Jika bicara soal rambut, maka masalah yang paling banyak dialami adalah ketombe. Kondisi pengelupasan kulit kepala itu benar-benar bisa merusak mood dan pada akhirnya menurunkan level kepercayaan diri seseorang.

Selain ketombe, banyak perempuan yang mengalami masalah rambut lain seperti lepek dan rambut rontok. Apakah Anda termasuk orang yang setiap nyisir rambut akan selalu ada rambut yang ikut terbawa sisir rambutnya?

 merawat rambut

Lebih lanjut, berdasar studi konsumen yang dilakukan Dove Indonesia, memang perempuan Indonesia memiliki 3 masalah utama rambut yaitu rambut rontok, ketombean, dan rambut lepek.

"Permasalahan rambut tersebut tidak hanya mengganggu penampilan namun juga dampak psikologis, misalnya berpengaruh negatif terhadap kepercayaan dan keyakinan diri khususnya dalam beraktivitas dan berkinerja secara optimal," kata Larissa Kirana, Brand Representative Dove Indonesia saat acara Dove Super Class Launch yang dilangsungkan secara virtual, Rabu (9/9/2020).

Nah, agar Anda tidak mengalami ketiga masalah rambut tersebut, sangat disarankan agar Anda mengenali penyebab masalah rambut tersebut. Hal ini penting untuk diketahui agar Anda bisa meminimalisir masalah tersebut. Tidak hanya itu, Anda pun menjadi lebih teliti dalam menentukan treatment rambut yang akan Anda coba.

Diterangkan Senior Hair Care Research and Development (R&D) Manager Dove Indonesia, Yusuf Christina, setiap masalah rambut itu memiliki penyebabnya masing-masing, tapi sayangnya beberapa perempuan bisa mengalami ketiga masalah tersebut sekaligus.

Secara khusus, Tina, sapaan akrabnya, coba menjelaskan penyebab 3 masalah rambut utama yang paling banyak dialami perempuan Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Rambut rontok

Kebanyakan masalah ini muncul karena rambut terlalu banyak terpapar bahan kimia dan suhu panas saat dikeringkan atau dicatok. "Jadi, penataan rambut yang terlalu sering tapi rambut tidak diberi pelindung, memungkinkan kerontokkan," terang Tina.

Dia menambahkan, penataan rambut di sini bukan semata dikeringkan dan catok, tapi juga dikeriting, diblow, pun diwarnai. Jadi, sebisa mungkin jika Anda melakukan itu semua, pastikan perawatan rambut dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini 6 Tanda Kalau Pasanganmu Selingkuh

2. Ketombean

Apakah Okezoners sering mengalami ketombean? Jika iya, itu berarti kulit kepala Anda terpapar jamur atau kandungan minyak di kulit kepala teramat banyak.

"Jadi, ketombe bisa muncul saat pertahanan kulit lemah dan di saat itu diserang jamur atau kondisi lemak berlebihan. Kondisi itu yang menyebabkan peradangan dan bikin kulit kepala ketombean. Gejala yang muncul itu seperti gatal-gatal," ungkapnya.

3. Rambut lepek

Banyak perempuan yang mengalami masalah yang satu. Ketika rambut lepek, maka styling rambut pun menjadi tidak oke, alhasil kepercayaan diri menurun drastis, bukan begitu?

Tahukah Anda kalau rambut lepek itu terjadi kebanyakan karena area tempat Anda beraktivitas terlalu panas sehingga rambut jadi berminyak dan kotoran mudah menempel di kulit kepala. Tidak hanya itu, kelebihan minyak pun menyebabkan masalah yang satu ini. Makanya, biasanya mereka yang mengalami masalah ketombean, akan mengalami juga yang namanya rambut lepek.

"Salah satu saran yang bisa dicoba adalah menggunakan sampo yang mengandung piroctone olamine yang ternyata mampu menghilangkan ketombe dan mencegahnya kembali lagi. Selain itu, pilih juga sampo yang punya kandungan serum karena mamupu menutrisi setiap helaian rambut dari pangkal hingga ke ujung rambut, bekerja efektif mengurangi rambut rontok. Terakhir, cari shampoo dengan formulasi yang ringan sehingga membuat rambut tidak lepek," pungkas Tina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini