4 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 298 2276274 4-manfaat-kunyit-bagi-kesehatan-tubuh-aMGIGlpffe.jpg Manfaat kunyit (Foto: Pinterest)

Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang banyak sekali manfaatnya. Makanya tak heran nenek moyang kita suka membuat jamu dari kunyit.

Kita sebaiknya juga sering mengonsumsi kunyit karena bagus untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kunyit?

 kunyit

1. Mencegah penyakit demensia

Adanya senyawa yang luar biasa dalam minyak kunyit juga dapat mencegah demensia. Demensia merupakan kondisi yang merusak fungsi otak dan membuatnya kurang efisien.

2. Mencegah risiko penyakit otak

Kurkumin dapat meningkatkan pertumbuhan neuron dan kadar hormon otak Anda yaitu BDNF. Banyak penyakit otak yang sering dikaitkan dengan penurunan kadar hormone ini seperti depresi dan Alzheimer. Dengan mengkonsumsi kunyit, efektif untuk menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak yang berkaitan dengan usia. Kunyit ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat Anda lebih pintar.

3. Memiliki senyawa anti-radang

Para ilmuwan percaya bahwa peradangan tingkat rendah kronis berperan penting dalam hampir setiap penyakit kronis. Ini termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, alzheimer dan berbagai kondisi degenerative. Kurkumin memiliki kandungan anti peradangan. Bahkan, sangat kuat sehingga cocok dengan efektivitas beberapa obat anti-radang tanpa efek samping. Makanya kunyit sangat cocok untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ya.

 Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Pakai Masker saat Berhubungan Suami-Istri

4. Mengurangi risiko terkena penyakit hati

Penyakit hati adalah salah satu penyebab banyak kematian di dunia. Kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Harus Anda ketahui bahwa disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung ketika ketidakmampuan endothelium mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotelial. Satu studi menunjukkan bahwa ia bekerja sebaik obat Atorvastatin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini