Transplantasi Ginjal, Solusi Terakhir untuk Selamatkan Penderita Ginjal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 481 2276259 transplantasi-ginjal-solusi-terakhir-untuk-selamatkan-penderita-ginjal-XUbK0pXICH.jpg Sakit ginjal (Foto: Medical New Today)

Pengobatan pasien gagal ginjal dengan metode transplantasi ginjal telah menjadi pilihan yang banyak dilakukan saat ini. Berdasarkan update terakhir Juni 2020, angka transplantasi ginjal secara kumulatif di 12 kota se-Indonesia mencapai 913 prosedur.

Bila dibandingkan Dengan data 2017, terdapat peningkatan sebesar 284 prosedur yang dicapai dalam tiga tahun terakhir.

 transplantasi ginjal

Pokja Transplantasi Ginjal RSCM, Departemen Urologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Nur Rasyid, SpU (K), menyebut bahwa kondisi ini menandakan prosedur transplantasi ginjal sudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

“Transplantasi ginjal sebagai terapi penyakit ginjal tahap akhir, selain metode cuci darah (hemodialisis atau peritoneal dialysis),” terang dr. Nur, re-launching ‘Unit Layanan Transplantasi Ginjal RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jumat (11/9/2020).

 Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Sarankan Pakai Masker saat Berhubungan Suami-Istri

Salah satu faktor yang mendukung fakta ini adalah tingkat keberhasilan transplantasi ginjal di Indonesia yang cukup komparatif dengan negara-negara maju.

Berdasarkan Studi Wang, dkk, angka survival rate organ donor (allograft) pasien transplantasi ginjal oleh donor hidup dalam satu tahun di Amerika Serikat, Kanada, New Zealand, dan Eropa lebih dari 95 persen.

Di Indonesia, berdasarkan penelitian yang dilakukan di RSCM, angka survival rate organ donor dalam 1 tahun pasca transplant adalah 92 persen, dan 3 tahun pasca transplan adalah 90,6 persen.

“Dalam penanganan pasien penyakit ginjal tahap akhir,pilihan terapi yang tersedia saat ini adalah dialisis (cuci darah) atau transplantasi. Secara umum, transplantasi ginjal merupakan metode terbaik,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini