Pisang Bisa Jadi Skincare Alami untuk Perawatan Kulit

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 481 2276608 pisang-bisa-jadi-skincare-alami-untuk-perawatan-kulit-u0bhZFEm0b.jpg Ilustrasi perawatan wajah (Foto: Freepik)

Sudah semestinya kulit kita dirawat dengan bahan-bahan yang alami. Perawatan alami akan membuat kulit lebih terawat dan sehat. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah pisang.

Pisang tidak hanya bermanfaat saat dimakan loh, tetapi juga bagus untuk kulit. Pisang bisa dijadikan skincare alami yang membuat kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Pisang kaya akan vitamin A, nutrisi yang sangat penting untuk kulit.

Selain itu, vitamin A dari pisang membantu mencerahkan kulit, menghilangkan warna gelap karena faktor eksternal, serta bersinar sehat. Tidak hanya itu, nutrisi pisang juga dapat membantu kelembapan kulit, mencegah jerawat, hingga elastisitas kulit.

Ilustrasi perawatan wajah 

Baca juga: Pesona Tiara Andini yang Viral karena Foto Bareng Rizky Billar

Lalu bagaimana cara membuat skincare dari pisang? Berikut tipsnya yang dilansir dari Times Now News :

1. Hancurkan pisang matang di dalam mangkuk. Oleskan langsung ke wajah, hindari bagian mata. Biarkan selama 15 sampai 20 menit dan bersihkan dengan air bersih.

2. Hancurkan pisang yang sudah matang. Tambahkan dua sendok makan susu segar. Oleskan ke kulit, terutama konsentrasikan pada bagian tubuh atau wajah yang kecokelatan. Kita bisa melihat perbedaan hanya dalam satu penggunaan saja.

3. Pisang ditumbuk dengan madu sebagai pelembab ektranya. Namun, apabila memiliki kulit berminyak harus menghindari penggunaan tips ini. Perpaduan pisang dan madu hanya diperuntukan bagi orang dengan kulit kering, terutama di musim dingin.

4. Tambahkan jus lemon dan tepung ke satu pisang bertopeng. Aduk rata dan aplikasikan sebagai perawatan wajah. Jus lemon dan pisan akan membantu memnutup pori-pori besar, serta menghilangkan komedo.

5. Selain buahnya, kulit pisang juga tak kalah penting. Oleskan bagian dalam kulit pisang di sikut, atau bagian wajah yang kering.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini