Deretan Obat Streoid yang Mampu Turunkan Risiko Kematian karena Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 02:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 481 2276838 deretan-obat-streoid-yang-mampu-turunkan-risiko-kematian-karena-covid-19-wW9dc8V6aX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMPAI saat ini virus corona Covid-19 memang belum memiliki obat. Meski demikian, peneliti menggunakan tiga obat steroid untuk memperkecil risiko kematian akibat virus ini.

Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikan rumah sakit untuk memberikan tiga obat murah tersebut ke pasien Covid-19. Penelitian ini dipublikasi dalam Journal of American Medical Association.

Dalam penelitian tersebut, menurut meta-analisis dari tujuh studi berbeda tentang obat-obatan, ditemukan tiga obat murah dan mudah didapat yang ampuh turunkan risiko kematian hingga sepertiga dari pasien Covid-19 yang kritis.

Obat Covid-19

"Steroid adalah obat yang murah dan mudah didapat dan analisis kami telah memastikan bahwa tiga obat tersebut efektif dalam mengurangi kematian pasien Covid-19 kondisi parah," kata Jonathan Sterne, penulis utama studi seperti dilansir dari laporan New York Post.

Adapun tiga obat murah tersebut ialah hidrokortison, metilprednisolon, dan dexametason. Ketiga obat ini diberikan ke pasien yang sangat sakit hingga mereka membutuhkan ventilator untuk menjaga oksigen tetap tercukupi.

Baca Selengkapnya: 3 Obat Ini Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini