Memeluk Pasangan Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 481 2276929 memeluk-pasangan-ternyata-baik-untuk-kesehatan-tubuh-gcdEJqpi3b.jpg Ilustrasi (Foto: SCMP)

JAKARTA - Bila Anda sudah menikah, tentu setiap hari Anda dan pasangan akan menjalani hari-hari bersama. Sebagai salah satu cara menguatkan hubungan suami istri, jangan sepelekan pelukan dengan pasangan sah Anda.

Berikut ini manfaat pelukan dengan pasangan sah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, dikutip dari Timesofindia.

1. Manfaat kesehatan

Pelukan sederhana dari orang yang dicintai cukup kuat untuk meningkatkan mood kamu saat kamu sedang merasa sedih. Memeluk orang yang kamu cintai pada saat-saat bahagia juga dapat menggandakan kegembiraan dan menanamkan rasa percaya diri.

Itu adalah tanda cinta dan kasih sayang terhadap seseorang. Memeluk seseorang memiliki banyak manfaat kesehatan.

2. Pereda stres

Penelitian menyatakan bahwa dipeluk oleh orang yang dicintai, dapat menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan dukungan. Selain itu, meningkatkan frekuensi pelukan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres.

3. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Saat kamu memeluk seseorang, tekanan diberikan pada sternum (tulang dada) yang menciptakan muatan emosional. Ini mengaktifkan chakra pleksus yang pada gilirannya membantu kelenjar timus. Kelenjar ini bertanggungjawab untuk mengatur produksi sel darah putih dalam tubuh agar Anda tetap sehat.

4. Membakar kalori

Ini cukup sulit dipercaya, tetapi memeluk orang yang kamu cintai juga dapat membantu kamu dalam membakar kalori. Karena saat berpelukan kamu telah membakar sekitar 12 kalori. Itu artinya setiap kali kamu memeluk seseorang, maka kamu telah membuang sekitar 12 kalori dalam tubuh kamu.

Baca juga: Deretan Obat Streoid yang Mampu Turunkan Risiko Kematian karena Covid-19

5. Menenangkan otot-otot yang tegang

Pelukan juga dapat melepaskan ketegangan di tubuh dengan melawan rasa sakit serta dapat meningkatkan sirkulasi darah kamu menjadi lancar. Bahkan, ini meningkatkan aliran darah di jaringan lunak sehingga bisa membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

6. Tingkatkan kesehatan otak dan memori

Hormon yang disebut oksitosin dilepaskan ke aliran darah saat kamu sedang memeluk orang yang kamu cintai. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat kamu. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat merangsang sistem saraf yang membantu kamu untuk mencapai keseimbangan yang baik antara keaktifan dan ketenangan.

7. Turunkan tingkat tekanan darah

Setiap kali kamu memeluk seseorang yang dekat dengan kamu, kadar oksitosin yang ada dalam tubuh kamu meningkat. Hormon ini sangat penting untuk mengurangi kortisol di dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh kamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini