Resep Cireng Rujak, Cocok Jadi Cemilan saat di Rumah Saja

Vina Destya, Jurnalis · Senin 14 September 2020 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 298 2277260 resep-cireng-rujak-cocok-jadi-cemilan-saat-di-rumah-saja-zA9Ges9f7N.jpg Cireng rujak (Foto: Endeus TV)

Cemilan sanat enak dinikmati saat suasana santai, baik setelah pulang bekerja, sedang berkumpul bersama keluarga, atau untuk menemani Okezoners menonton film. Sehingga saat ini banyak sekali olahan cemilan yang bisa dibuat di rumah saja di tengah PSBB.

Salah satunya adalah cemilan yang sudah ada sejak dulu, cireng. Kali ini Okezone akan membagikan resep cemilan cireng bumbu rujak yang dikutip dari Instagram Endeus TV. Kira-kira apa saja bahan dan seperti apa langkah-langkah yang perlu dilakukan. Yuk disimak!

 cireng

Bahan-bahan:

-3 sdm tepung tapioka

-1 sdm terigu

-75 ml air

-125 ml air (untuk merebus)

-2 sdt kaldu ayam

-2 siung bawang putih

Baca juga: Foto Bareng Bu Bos, Celana Asisten Nia Ramadhani Disorot Netizen

Cara memasak:

1. Masukkan 3 sdm tepung tapioka, 1 sdm terigu, dan 75 ml air kemudian aduk sampai larutan aci merata. Setelah itu masak 125 ml air, 2 sdt kaldu ayam, 2 siung bawang putih, aduk sampai mendidih.

2. Setelah mendidih masukan larutan aci yang sudah sebelumnya dibuat, aduk terus sampai adonan mengental lalu angkat dan campurkan dengan 200 gr tepung tapioka, 1 batang daun bawang. Aduk adonan menggunakan spatula sampai benar-benar merata.

3. Lalu masuk ke step terakhir pembuatan aci, yaitu bagi adonan menjadi 12 atau sesuai selera sampai terbagi dengan sama rata, bulatkan dan pipihkan.

4. Goreng cireng dalam minyak panas, tetapi perlu diingat bahwa gunakanlah api yang sedang. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar cireng bisa matang dengan merata dan renyah.

Bahan-bahan sambel rujak:

-Terasi bakar 1 sdt

-Cabe rawit merah 5 buah

-Garam 1 sdt

-Gula merah 100 gr

-Asam jawa 5 sdm

Cara membuat:

Haluskan terasi bakar, cabe rawit, garam menggunakan ulekan. Cairkan gula merah dan masukkan asam jawa. Setelah mencair campurkan dengan bahan-bahan yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Nah, cireng panas siap dicocolkan ke bumbu rujak. Lezat dan mudah cara bikinnya ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini