6 Bahaya Kurang Tidur, Tekanan Darah Meningkat hingga Halusinasi

Senin 14 September 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 481 2277748 6-bahaya-kurang-tidur-tekanan-darah-meningkat-hingga-halusinasi-gfotyknLUV.jpg (Foto: Shutterstock)

Setiap orang berhak untuk mendapatkan jam tidur yang optimal, terutama ketika di malam hari. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup melalui tidur, sehingga keesokan harinya badan bisa lebih bertenaga dan bersemangat dalam beraktivitas.

Kekurangan jam tidur ternyata memiliki berbagai macam bahaya, apa saja? Berikut ini beberapa bahaya yang mengintai bila seseorang kekurangan tidur, seperti dikutip Independent.

Naiknya tekanan darah

Pola tidur yang buruk dapat membuat tekanan darah meningkat. Dalam jangka panjang, hal ini dikaitkan dengan risiko peningkatan penyakit seperti jantung koroner dan stroke. Orang yang mengalami sleep apnea memiliki risiko yang lebih tinggi untuk ini.

Meningkatkan angka kecelakaan

Saat waktu tidur tidak tercukupi, Anda pasti akan merasa mengantuk. Ini akan menjadi sangat berbahaya jika pagi hari Anda harus mengendarai kendaraan, karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Di Amerika Serikat, diperkirakan 100.000 kecelakaan lalu lintas per tahun terjadi akibat pengemudi yang kelelahan, dan lebih dari sepertiga pengemudi mengaku pernah tertidur saat sedang mengemudi.

Kemampuan mengambil keputusan terganggu

Kekurangan tidur akan berdampak pada memori kerja visual. Itu membuat Anda kesulitan untuk membedakan antara sesuatu yang relevan dan tidak relevan di lingkungan Anda, dan mempengaruhi kecerdasan emosi, perilaku, dan kemampuan untuk mengontrol stres.

 Setiap orang berhak untuk mendapatkan jam tidur yang optimal, terutama ketika di malam hari.

Baca juga: Penderita Masalah Lambung, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Ya

Kenaikan berat badan

Kurang tidur akan mempengaruhi tingkat hormon yang terlibat dalam mengatur nafsu makan. Hal itu dapat menyebabkan kadar leptin menurun, dan hormon kelaparan ghrelin meningkat. Sehingga Anda merasa cepat lapar.

Gangguan mood

Masalah kesehatan mental terkait dengan gangguan tidur. Ketika Anda kekurangan tidur, neurotransmitter di otak akan mengalami kekacauan. Hal ini mirip seperti gejala depresi, kecemasan, dan mania.

Halusinasi

Mengalami kurang tidur yang parah dapat menyebabkan halusinasi. Pada beberapa kasus langka, hal ini dapat menyebabkan psikosis sementara atau gejala yang menyerupai skizofrenia paranoid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini