Tumit Kering dan Pecah-Pecah, Coba Obati dengan 3 Bahan Alami Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 14 September 2020 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 611 2277525 tumit-kering-dan-pecah-pecah-coba-obati-dengan-3-bahan-alami-ini-hlhBukhasD.jpg Tumit kering (Foto: Omron Healthcare)

Tumit kering dan pecah-pecah memang membuat kaki terasa tidak nyaman saat berjalan. Bahkan kadang-kadang sampai membuat kaki terasa perih.

Kalau sudah begini, maka tumit kering dan pecah-pecah harus segera diobati. Nah, ini 3 bahan alami untuk mengobati tumit kering dan pecah-pecah.

 pisang

1. Pisang dan madu

Buat pelembab alami hanya dengan campuran pisang dan madu. Caranya, hancurkan pisang di mangkuk kecil lalu tambahkan satu sendok teh madu. Campur rata dan kocok kedua bahan sampai menjadi adonan cair. Aplikasikan pasta pisang madu ke bagian tumit, sambil dipijat pelan. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, baru bilas menggunakan air hangat. Setelah kering, baru oleskan pelembap.

2. Pijat dengan minyak castor, zaitun, dan almond

Campurkan satu sendok teh minyak castor, zaitun dan minyak almond. Campurkan semuanya sampai rata, balurkan merata ke area tumit, lalu poijat-pijat pelan seluruh bagian tumit. Sebelum dibalur minyak, bisa juga dioles vaseline terlebih dahulu sehingga minyak akan terserap dengan baik. Lakukan ritual ini setiap sebelum tidur, setelah itu baru kenakan kaus kaki. Cara ini bukan hanya akan merawat tumit yang pecah-pecah tetapi juga akan membuat kulit tumit lembut dan kenyal.

 Baca juga: Foto Bareng Bu Bos, Celana Asisten Nia Ramadhani Disorot Netizen

3. Garam dan batu apung

Scrub hanya dengan garam dan batu apung adalah salah satu cara klasik untuk mengatasi kulit tumit kering dan pecah-pecah. Caranya cukup ambil satu sendok teh garam, aduk dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campuran minyak zaitun dan garam tersebut ke area tumit, lalu gosok pelan bagian tumit menggunakan batu apung.

Gosok pelan selama 20 sampai 30 menit, baru cuci bersih kaki menggunakan air dan sabun. Setelah dikeringkan, jangan lupa balurkan pelembab secara merata pada kedua tumit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini