Orangtua Bisa Lakukan 5 Hal Ini untuk Anak Selama Pandemi Covid-19

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 196 2278110 orangtua-bisa-lakukan-5-hal-ini-untuk-anak-selama-pandemi-covid-19-hbCznC0wed.jpg Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Mengasuh anak merupakan tantangan orangtua setiap saat, terlebih pada saat pandemi. Orangtua harus lebih ekstra menjaga aktivitas anak dan kesehatannya.

Mengasuh anak selama pandemi bisa membuat stres, karena semua kegiatan anak terhenti. Tetapi juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak kita dan mendukung perkembangannya.

Nah, simak yuk beberapa tip parenting yang akan membantu Anda berinteraksi secara konstruktif dengan anak-anak Anda selama pandemi Covid-19, dilansir Okezone dari Boldsky.

1. Tetapkan Waktu

Menghabiskan waktu sekitar 20 menit atau lebih terbukti bermanfaat bagi anak Anda untuk melawan stres Covid-19. Tetapkan waktu tertentu setiap hari dan habiskan bersama anak-anak Anda. Ini akan membuat mereka menantikannya setiap hari dan juga akan membuat mereka bahagia.

2. Tanyakan pada Anak Anda

Biarkan anak-anak Anda memilih hobi atau tugas favorit mereka seperti menggambar untuk tetap sibuk selama lockdown. Ini akan membantu membangun kreativitas mereka dan membuat mereka tetap terlibat untuk waktu yang lebih lama. Juga, jelaskan kepada mereka bahwa mereka tidak dapat melakukan aktivitas tertentu karena aturan jarak sosial.

 Mengasuh anak merupakan tantangan orangtua setiap saat, terlebih pada saat pandemi.

Baca juga: Resep Odading, Camilan Tradisional yang Enak Disantap Bersama Kopi

3. Masak Bersama

Jika anak Anda masih remaja, mintalah mereka membantu Anda menyiapkan makanan favoritnya. Misalnya, jika camilan favorit anak Anda adalah sandwich, minta mereka membaca resep sandwich yang menarik atau menghias irisan roti.

4. Katakan Tidak untuk Televisi

Menonton televisi dalam waktu lama dapat memengaruhi mata anak Anda. Libatkan anak Anda dalam aktivitas seperti membaca buku, menggambar, atau menari yang akan membuat mereka tetap terlibat tanpa mengorbankan kesehatan mereka. Kegiatan semacam itu juga akan meningkatkan perilaku kognitif dan kreativitas mereka.

5. Olahraga Bersama

Lockdown dapat mempengaruhi kesehatan anak Anda baik secara fisik maupun mental. Hal terbaik adalah berolahraga bersama dengan musik favorit mereka. Ini akan membuat mereka tetap bugar secara fisik dengan pikiran yang sehat untuk melawan stres pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini