Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 298 2277923 bunda-ini-5-makanan-untuk-tambah-kekebalan-tubuh-anak-XyoTrsXSm7.jpg Anak makan (Foto: The Healthy)

Sistem kekebalan dalam tubuh termasuk hal yang paling utama dalam melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan racun di tengah pandemi Covid-19. Sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi diri dari virus.

Di tengah pandemi virus korona, para ahli kesehatan telah mengatakan bahwa, meskipun sering mencuci tangan itu sangat penting, tetapi paling terpenting adalah meningkatkan kekebalan tubuh atau menjaga sistm imun dalam diri kita.

Oleh karena itu, Bunda harus memberikan makanan yang baik bagi kekebalan tubuh anak Anda. Simak makanan apa saja yang penting bagi kekebalan tubuh?

 telur

1. Telur

Telur adalah pilihan sarapan yang sangat sehat untuk anak-anak karena kaya akan protein dan vitamin. Sehingga yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. Telur juga kaya dengan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi anak. Telur rebus, orak-arik, ceplok dan mata sapi adalah pilihan sarapan yang baik untuk anak Anda.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri dan juga merangsang produksi sel darah putih di dalam tubuh. Ramuan yang sempurna untuk meningkatkan kekebalan pada anak-anak Anda, bawang putih juga berperan penting dalam mencegah masalah kesehatan.

 Baca juga: Pesona Chef Marinka saat Masak, Suami Bakal Betah di Rumah Nih!

3. Kunyit

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi, antiseptik, antijamur dan antibakteri yang dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan anak. Kurkumin komponen aktif kunyit menjadikannya antioksidan yang kuat. Anda dapat memberikan susu kunyit kepada anak-anak Anda sebelum tidur. Caranya, anda dapat menambahkan sejumput kunyit ke dalam susu, lalu di aduk rata.

4. Bayam

Kaya vitamin C, dan juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten. Bayam adalah salah satu sayuran yang baik untuk makanan anak Anda. Daun hijau ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan, serta dapat melawan berbagai infeksi.

5. Yoghurt dan dadih

Mengkonsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus pada anak, sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit saluran pencernaan.

Yoghurt kaya akan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan yang bagus untuk anak-anak. Dadih juga membantu meningkatkan sistem kekebalan pada anak-anak dengan cara yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini