Waduh, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 298 2277984 waduh-5-makanan-ini-bisa-sebabkan-sakit-kepala-ClR2OQrSB3.jpg Makan keju (Foto: Eating Well)

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu aktivitas. Kurang tidur, mendengar suara bising dan stres adalah beberapa penyebab umum sakit kepala.

Makanan tertentu juga dikaitkan dengan penyebab sakit kepala dan menguranginya dapat membantu meredakan nyeri. Dilansir dari Times of India pada Selasa (15/9/2020), berikut 5 makanan yang bisa memicu datangnya sakit kepala.

alpukat

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan tersehat dengan banyak manfaat kesehatan. Namun bagi sebagian orang alpukat bisa memicu sakit kepala. Ia memiliki tyramine, yang memaksa pembuluh darah mengerut dan kemudian membesar, menyebabkan sakit kepala yang parah.

2. Permen karet

 Jika Anda memiliki kebiasaan sering mengunyah permen karet, itu bisa menjadi penyebab Anda sering sakit kepala. Berdasarkan penelitian, kontraksi otot berkepanjangan di kepala atau leher bisa memicu sakit kepala.

 Baca juga: Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

3. Keju 

Keju tua memiliki tyramine, yang menyempitkan dan memperluas pembuluh darah Anda, menyebabkan sakit kepala nyut-nyutan.

4. Makanan dengan MSG

Protein nabati terhidrolisis, yang merupakan penambah rasa adalah protein nabati yang dipecah secara kimiawi menjadi asam amino. Salah satu asam amino ini, asam glutamat, dapat melepaskan glutamat bebas, yang bergabung dengan natrium bebas di tubuh Anda dan membentuk monosodium glutamat (MSG). MSG adalah zat aditif yang dapat menyebabkan mual dan sakit kepala.

5. Daging yang diawetkan

Daging yang diawetkan seperti hot dog dan bacon selalu segar. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa? Ini karena pembuat makanan menggunakan nitrat dan nitrit untuk mengawetkannya.

Senyawa tersebut dapat melebarkan pembuluh darah dan pada gilirannya memicu sakit kepala. Daging ini juga sangat asin, yang dapat menyebabkan dehidrasi dan sakit kepala.

Meski demikian, pandangan yang diungkapkan dalam artikel ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti nasihat dokter. Silakan berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda untuk informasi lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini