Sop Kambing Panas, Cocok untuk Santap Malam

Intan Permata Sari, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 298 2278056 sop-kambing-panas-cocok-untuk-santap-malam-7VgVNlnlYr.jpg Sop kambing (Foto: Endeus TV)

Sop kambing sering dikaitkan sebagai hidangan dari Betawi dan Melayu. Menurut tradisi, sop kambing makin lezat saat dimakan bersama sate kambing.

Sop kambing berkuah panas ini juga sangat cocok untuk dijadikan menu santap malam. Simak ya resepnya dari Instagram resepsayur.

sop kambing 

Bahan-bahan:

- 1 kg daging iga kambing berikut tulangnya, bersihkan

- 2,5 liter air, untuk merebus

- 3 sdt garam

- 4 sdm minyak goreng, untuk menumis

- 3 butir kapulaga

- 5 butir cengkeh

- 3 butir pekak

- 200 g tomat, potong-potong

- 2 batang daun bawang, iris 2 cm

- 1 sdm seledri cincang

Bumbu halus:

- 100 g bawang merah

- 6 siung bawang putih

- 4 cm jahe

- 1 sdt merica

- 1 sdt garam

Taburan dan pelengkap:

- 2 sdm bawang goreng

- Kecap manis

- Sambal cabai rebus

 Baca juga: Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

Cara merebus daging:

1. Pertama, rebus daging kambing dalam air mendidih bersama dengan daun pandan, salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas untuk mengurangi aroma menyengat pada kambing.

Setelah mendidih dan air rebusan berubah warna menjadi keabu-abuan yang menandakan kotoran sudah terpisah dari dagingnya, buang airnya. Ketika daging direbus dengan air mendidih, kaldu daging masih akan terkunci di dalamnya.

2. Rebus kembali daging kambing dengan air dingin, karena air dingin memiliki efek mengeluarkan juice dalam daging sehingga sop makin gurih dan berkaldu.

Cara memasak:

1. Panaskan minyak goreng dalam panci, tumis bumbu halus, masukkan kapulaga, cengkeh dan pekak. Aduk sampai bumbu harum, angkat.

2. Masukkan air, daging kambing, dan garam. Aduk rata lalu jerangkan di atas api sampai mendidih, lalu kecilkan apinya, tutup panci. Masak sampai daging empuk.

3. Masukkan tomat, daun bawang, dan seledri, aduk, angkat.

4. Pindahkan sop kambing ke dalam mangkuk saji, taburi bawang goreng. Hidangkan dengan pelengkap kecap manis dan sambal cabai sesuai selera. Makanlah selagi panas dan hangat dengan nasi dan kerupuk. Dijamin makan malammu makin menggugah selera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini