Nikmatnya Ketan Serundeng Manis Gurih, Bikin Yuk!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 298 2278097 nikmatnya-ketan-serundeng-manis-gurih-bikin-yuk-CeGtfY6B9w.jpg Ketan Serundeng Manis Gurih (Foto: Facebook Kue Lezat)

Kelezatan makanan tradisional memang tak pernah pudar hingga saat ini. Selain enak, juga mudah dibuat karena bahan-bahannya juga simpel. Salah satunya adalah ketan serundeng.

Makanan tradisional satu ini jadi camilan yang mengenyangkan, karena terbuat dari beras ketan. Seperti dikutip dari akun Facebook Resep Kue Lezat, ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

 kelapa untuk bikin serundeng

Bahan-bahan:

-1 liter beras ketan

-2 lembar daun pandan

-2 sacet santan instan 65 mili liter

-200 mili liter air

-1 sendok teh gula pasir

-1 sendok teh garam

-1 sdt kunyit bubuk

 Baca juga: Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

Bahan serundeng:

-1 butir kelapa parut 1/2 tua

-4 lembar daun jeruk

-1 batang sereh geprek

-2 lembar daun salam

-4 siung bawang merah haluskan

-2 siung bawang putih haluskan

-1 sendok teh ketumbar haluskan

-1 keping gula merah sisir

-1 sendok teh garam

Cara membuat:

1. Pertama-tama, cuci bersih ketan lalu rendam 30 menit, angkat lalu kukus 15 menit, campur santan, air, kunyit bubuk, garam, gula pasir, daun pandan lalu didihkan.

2. Kemudian angkat ketan lalu pindahkan ke wadah lain, tuang rebusan santan, aduk rata hingga meresap. Lalu kukus kembali ketan 30 menit atau hingga matang.

3. Sambil menunggu ketan matang, buatlah untuk serundengnya, tumis bumbu yang di haluskan hingga harum, masukan daun jeruk, salam, dan sereh. Lalu tumis hingga harum.

4. Lalu beri gula, garam, aduk rata, masukan kelapa parut, proses hingga kering, angkat dan buang daun-daunan dan sereh. Blender atau ulek halus, angkat dan taburi 1-2 sendok makan gula pasir, aduk rata.

5. Setelah ketan matang dinginkan di suhu ruang, bentuk bulat-bulat pipih, beri toping serundeng atasnya. Wah, ketan lezat siap disajikan ya.

Jika ingin rasa agak pedas, bisa ditambahkam cabai dibumbu halusnya. Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini