4 Hal Wajib Dilakukan Pemilik Tempat Makan untuk Cegah Klaster Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 481 2277827 4-hal-wajib-dilakukan-pemilik-tempat-makan-untuk-cegah-klaster-covid-19-O3ZUjUqRb5.jpg Ilustrasi (Foto : Thehartford)

Kasus penyebaran virus corona Covid-19 di klaster tempat makan kian menjadi perhatian pemerintah. Dilaporkan terdapat 20 kasus Covid-19 pada Agustus 2020 di warung soto Lamongan di Yogyakarta. Disusul dengan 20 kasus pada salah satu rumah makan di Semarang, 15 di rumah makan rawon Probolinggo dan delapan kasus di rumah makan Bogor.

Tak hanya di Indonesia, kalster tempat makan juga terjadi di luar negeri. Sebanyak 56 kasus positif Covid-19 ditemukan di kedai kopi Paju, Korea Selatan. Selanjutnya 103 kasus juga ditemukan di restoran Thailand di Sydney, Australia. Mengejutkannya lagi, terdapat lebih dari 500 kasus positif di restoran dan bar Lousiana yang terletak di Maryland & Colorado, Amerika Serikat.

Tentunya peristiwa ini bisa dicegah apabila terdapat kolaborasi yang baik antara pengunjung dan pengelola tempat makan. Merangkum dari siaran pers, @pandemictalks ‘Risiko Tinggi Penyebaran Masif Covid-19 di Klaster Tempat Makan’, Senin (14/9/2020), berikut hal yang perlu diperhatikan bagi para pemilik tempat makan untuk menghindari penularan virus.

1. Ventilasi

Membuka jendela dan pintu rumah makan agar udara segar bisa mengalir. Hindari terdapat ruangan-ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik. Misalnya ruang dapur, gudang makanan dan juga toilet rumah makan.

2. Durasi

restoran

Batasi jumlah pengunjung, misal 50 persen dari kapasitas setiap satu jam. Staf dapur sebaiknya satu jam sekali keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Setiap beberapa jam sekali, bersihkan seluruh ruangan dan peralatan dengan cairan disinfektan.

Baca Juga : Pesona Prita Aunalal, Asisten Nia Ramadhani yang Cantik

3. Jarak

Sediakan pembatas yang jelas untuk protokol jarak. Jarak antar pengunjung diatur satu kursi, jarak antar meja makan diatur agar tidak berdekatan. Jarak staf dapur bekerja pun harus diatur.

4. Lainnya

Berikan peraturan ketat kepada pengunjung dan lakukan pendataan pengunjung untuk Contact Tracing

Edukasi protokol kesehatan dan protokol VDJ ke staf

Tugaskan salah satu staf khusus sebagai pengontrol protokol kesehatan dan VDJ, saat terjadi pelanggaran staf khusus ini akan menegur pengunjung atau staf lainnya.

Segera laporkan ke dinkes setempat jika terjadi kasus positif.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini