Penelitian Baru Ungkap Bakteri Berbahaya pada Kosmetik

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 481 2278077 penelitian-baru-ungkap-bakteri-berbahaya-pada-kosmetik-U6RocKkDB1.jpg (Foto: Medicalnewstoday)

Sebagian besar kosmetik memang tidak berbahaya, tetapi salah satu unsur di dalamnya saat ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, dilansir dari Times of India. Salah satu unsur yang ditemukan dalam penelitian terbaru adalah bakteri yang disebut Pluralibacter (P. gergoviae).

Sejak diperkenalkan pada awal 2000, sejumlah besar produk kosmetik telah ditandai untuk menimbulkan risiko mikrobiologis dan diberitahukan melalui sistem peringatan cepat Eropa untuk produk konsumen 'Safety Gate' (sebelumnya RAPEX).

Kemudian sekarang telah ditemukan, bahwa sebanyak sepuluh produk kosmetik yang terdaftar dalam database RAPEX dipengaruhi oleh kontaminasi yang dikonfirmasi dengan P. gergoviae.

Jika salah satu produk yang Anda gunakan terkontaminasi P. gergoviae, kemungkinan besar bakteri mematikan tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau selaput lendir. Para peneliti telah menyarankan, bahwa bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi parah pada orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Menurut Federal Institute for Risk Assessment (BfR), setiap produk kosmetik yang digunakan secara eksternal harus bebas dari P. gergoviae untuk menghindari risiko kesehatan bagi manusia.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih berlangsung, risiko kesehatan yang terkait dengan penggunaan produk kosmetik tersebut saat ini tidak dapat diukur karena kurangnya data yang dapat diandalkan.

 Salah satu unsur yang ditemukan dalam penelitian terbaru adalah bakteri yang disebut Pluralibacter.

Baca juga: Cara Bikin Tempe Bacem, Cocok untuk Makan Siang

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini