Menkes Sebut Jakarta Masih Mampu Tangani Pasien Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 481 2278125 menkes-sebut-jakarta-masih-mampu-tangani-pasien-covid-19-WlySK5eVeP.jpg (Foto: Shutterstock)

MENTERI Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa pemerintah DKI Jakarta masih mampu mengatasi para pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut ia sampaikan seiring dengan peningkatan angka positif Covid-19 yang terjadi di Jakarta. Pernyataan tersebut ia katakan berdasarkan dari pengecekan langsung dan juga sidak lapangan per 13 September 2020, pukul 12 siang.

Ia menyampaikan bahwa untuk DKI Jakarta, pemerintah masih mampu melakukan perawatan pasien Covid-19, dengan rincian sebagai berikut:

1. Untuk merawat pasien Covid-19 gejala sedang, masih terdapat ruang isolasi pasien yang kosong berjumlah 1.088 tempat tidur dari 4.271 tempat tidur yang ada.

Dalam beberapa hari ke depan ruang isolasi ini akan ditambah sebanyak 1.022 tempat tidur, sehingga menjadi 5.293 tempat tidur.

2. Sedangkan untuk merawat pasien Covid-19 dengan gejala berat yang memerlukan ruang ICU, maka terdapat ruang ICU kosong. Saat ini ICU berjumlah 115 tempat dari 584 tempat tidur yang ada.

Dalam beberapa hari ke depan dapat ditambah sebanyak 138 tempat tidur sehingga total menjadi 722 tempat tidur.

3. Seperti yang diketahui total relawan tenaga kesehatan Nusantara sehat dan intrinsik yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang.

Mereka tersebar di rumah sakit Covid-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait Covid-19.

4. Ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga nusantara sehat dan di samping itu ada tenaga relawan sebanyak 685.

Termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru anastesi penyakit dalam dan tenaga kesehatan lain seperti perawat dokter umum dan sebagainya yang siap di-deploy-kan untuk membantu bila ada tenaga tambahan yang dibutuhkan.

Pada kesempatan tersebut, Menkes Terawan juga memohon agar masyarakat selalu patuh pada protokol kesehatan. Ia mengharapkan adanya partisipasi dari semua pihak terutama di level Kelurahan Desa RW dan RT.

“Saya berharap mereka dapat sama-sama berperan untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Beberapa di antaranya seperti memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir,” tuntasnya.

 Pemerintah masih mampu melakukan perawatan pasien Covid-19.

Baca juga: Resep Odading, Camilan Tradisional yang Enak Disantap Bersama Kopi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini