5 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi, Dicoba Yuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 481 2278270 5-cara-menjaga-kesehatan-di-tengah-pandemi-dicoba-yuk-e4aFs3v84P.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Okezone)

Di tengah pandemi Covid-19, kita harus semakin giat dalam menjaga kesehatan. Ini dilakukan agar kita tak mudah terserang virus corona.

Terkait dengan kehidupan baru di tengah pandemi, berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk selalu menjaga kesehatan dan mencegah tertular virus corona.

 menjaga jarak

1. Menjaga jarak

 Menjaga jarak dari orang lain. Ini perlu dilakukan agar kita aman dari paparan virus corona.

2. Menjaga kebersihan tangan

Berbagai bakteri hingga virus dapat menyebar dengan mudah karena kontak secara fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan.

Oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Kemudian, cuci tangan menggunakan sabun atau minimal Hand Sanitizer untuk memastikan tangan kamu bersih.

Baca juga: Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

3. Tidak Menyentuh Wajah

Area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut bisa jadi gerbang yang mudah ditembus oleh virus yang ada di tangan kamu. 

Oleh karena itu, buatlah tangan kamu bersih. Kalaupun memang sudah bersih, coba untuk tidak menyentuh wajah jika sudah ada di tempat umum.

4. Tutup mulut saat bersin

Ketika kamu bersin, sebaiknya tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tetapi kamu mesti menutup wajah kamu dengan menggunakan lengan bagian dalam.

Hal ini terkait dengan telapak tangan yang bisa saja sudah lebih banyak terkena permukaan benda yang disinyalir tidak semuanya bersih. Oleh karena itu, gunakan lengan bagian dalam untuk menutup wajah saat bersin.

5. Menggunakan masker

Sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode normal baru. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini