5 Tips Perawatan Kulit untuk Usia 30-an

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 611 2277871 5-tips-perawatan-kulit-untuk-usia-30-an-VtTBCQ3CWE.jpg Ilustrasi (Foto: Questnetproxy)

Di usia kita yang sudah menginjak 30-an, kita harus melakukan perawatan kulit yang jauh lebih ekstra daripada usia sebelumnya. Perawatan diperlukan untuk memperlambat proses penuaan yang terjadi pada kulit dan juga untuk membuat kita terlihat awet muda.

Untuk menikmati kulit terbaik di usia 30-an, kita hanya perlu melakukan perawatan kulit. Bagaimana cara untuk mendapatkan kulit terbaik di usia 30-an? Yuk kita bahas cara sederhana untuk merawat kulit agar tetap mulus dan terlihat awet muda.

1. Ikuti Rutinitas CTM

Bagaimana Anda merawat kulit Anda di usia 20-an pasti memengaruhi kulit Anda di usia 30-an. Namun, jika Anda belum pernah menjalani rutinitas perawatan kulit di usia sebelumnya, kini adalah saat yang tepat untuk memulainya.

Banyak wanita yang tidak mengetahui pentingnya melakukan perawatan kulit di usia 30-an. Sebenarnya dalam melakukan perawatan kulit sama sekali tidak ada kata terlambat. Asal kita ingin berusaha untuk melakukan perawatan meskipun dengan cara sederhana, maka kita pasti akan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Mulailah dengan rutinitas CTM (pembersih, toner dan pelembab). Cara ini selain bisa untuk membersihkan kulit kita, juga dapat berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit kita secara optimal.

2. Jangan Menggosok Terlalu Kencang

Di usia 30-an, pergantian sel kulit kita akan melambat dan laju produksi kolagen di kulit kita juga mulai menurun. Hal ini membuat kulit kita kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan garis-garis halus serta kerutan.

Maka dengan menggosokkan produk ke kulit dengan terlalu kencang tidak baik untuk kulit kita, karena hanya akan membuat kulit menjadi tidak kencang dan hanya menambah kerutan di kulit. Jadi, kita perlu mengubah kebiasaan menggosok produk perawatan kulit, hanya dengan cara menepuk-nepuk produk dengan lembut ke kulit.

 Di usia kita yang sudah menginjak 30-an, kita harus melakukan perawatan kulit yang jauh lebih ekstra daripada usia sebelumnya.

Baca juga: Resep Minuman, Korean Strawberry Santan yang Menyegarkan

3. Jangan Pernah Melewatkan Pemakaian Sunscreen

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab masalah kulit yang paling bahaya. Wanita yang berusia 30-an akan mengalami berbagai masalah pada kulit. Masalah kulit yang paling umum terjadi adalah jerawat, tanda penuaan, dan hiperpigmentasi.

Tentu saja, ada berbagai alasan untuk itu, seperti faktor lingkungan, perubahan hormonal, stres, dan lain-lain. Tapi, tetap saja paparan sinar matahari yang sangat berbahaya untuk kulit kita. Maka itulah pentingnya dari penggunaan sunscreen. Jadi, sebelum kita keluar rumah, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

4. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Kulit kita akan mengalami regenerasi pada saat malam hari. Dan juga telah banyak wanita yang berhasil dalam melakukan perawatan kulit di malam hari. Karena pada saat kita tidur, kulit akan melakukan tugasnya, yaitu membuang racun dan juga menyerap produk secara maksimal.

Menghapus semua make up pada saat sebelum kita tidur juga menjadi kegiatan yang sangat wajib. Bersihkan kulit secara menyeluruh dan dilanjut dengan memakai toner, lalu mengoleskan krim malam. Cara ini juga merupakan rutinitas paling sederhana untuk merawat kulit Anda.

5. Rutin Melakukan Konsultasi kepada Dokter Kulit

Terakhir, jangan ragu untuk mendapatkan nasihat profesional. Kita juga mungkin menemukan masalah yang tidak dapat ditangani sendiri. Terkadang, masalah yang terlihat normal akan menjadi masalah besar kalau kita tidak melakukan konsultasi kepada dokter kulit.

Jika kita sudah melakukan perawatan kulit seperti di atas, maka kita tidak perlu terlalu stres tentang penuaan kulit di usia 30-an seperti yang ditakutkan oleh kebanyakan wanita lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini