Doa agar Tenang Menghadapi Covid-19 yang Masih Mewabah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 612 2277997 doa-agar-tenang-menghadapi-covid-19-yang-masih-mewabah-7ybCMr12Eo.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: The Scientist)

Ketika hati resah dan gelisah karena pandemi Covid-19 maka kita tak boleh menyikapinya dengan panik. Salah satunya cara menenangkan diri adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Memperbanyak zikir dan membaca asmaul husna adalah salah satu obat agar hati tenang," kata Pebimbing Mualaf Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta Ustadz Agustin Amirudin saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

 berdoa

Ia melanjutkan, kemudian bisa membaca doa berikut ini ketika hati sedang resah dan gelisah:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

Sementara itu, salah seorang dai kondang Indonesia Ustadz Abdul Somad (UAS) mengatakan, sebagai manusia khususnya Umat Islam harus siap menghadapi masalah, sebab setiap orang pasti akan diberikan ujian oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Bunda, Ini 5 Makanan untuk Tambah Kekebalan Tubuh Anak

"Ada saja masalah hidup, berani hidup berani menghadapi masalah. Takut menghadapi masalah, jangan hidup. Hidup adalah berani mengambil risiko pilihan. Ini adalah pilihan yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Abdul Somad dalam salah satu unggahan video ceramahnya.

Agar terlepas dari segala kegelisahan karena adanya masalah (seperti wabah Corona), yakni dengan memperbanya zikir kepada Allah.

Berikut adalah salah satu kalimat zikir yang bisa diamalkan, yaitu:

 

اإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumit, wa huwa ‘ala syai’in qadir

Artinya: "Tidak ada Tuhan Selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia mahakuasa atas segala sesuatu."

Bahkan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pun meminta kepada umatnya untuk selalu sabar dalam kondisi apapun, misalnya menggadapi wabah Covid-19.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

yā ayyuhallażīna āmanusta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, innallāha ma'aṣ-ṣābirīn

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" (QS. Al Baqarah ayat 153).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini