Bahaya Minum Air Putih Berlebih, Bisa Bikin Gangguan Jantung Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 612 2278071 bahaya-minum-air-putih-berlebih-bisa-bikin-gangguan-jantung-loh-mjKCPOZPBw.png Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN kita tidak banyak beraktivitas, bukan berarti kita bisa mengurangi minum loh. Tubuh, manusia membutuhkan 1,5 sampai 2,5 liter air setiap hari.

Jika tidak, bukan tidak mungkin kinerja organ vital kita bakal terganggu. Meski demikian, tidak berarti kita secara brutal bisa mengonsumsi air putih loh. Kebanyakan minum air putih juga bisa berakibat buruk bagi tubuh, khususnya ginjal.

Bila dikonsumsi berlebihan, cairan yang menumpuk di dalam tubuh menyebabkan keracunan cairan alias hyponatremia yang mengakibatkan gangguan kesehatan. Selain itu, apa saja dampak buruk dari konsumsi air putih berlebihan? Simak ulasan yang dihimpun dari NDTV, berikut:

Buang air kecil berlebihan

Terlalu banyak asupan air membuat saluran kencing bekerja lebih keras. Hal ini berdampak pada meningkatnya frekuensi air seni. Selain itu, hal ini berdampak pada dehidrasi karena terlalu banyak cairan yang terbuang bersama urine.

minum air putih

Pembengkakan sel tubuh

Asupan air yang terlalu banyak menyebabkan pengenceran darah sehingga kadar elektrolit lebih rendah dari yang ada di dinding sel. Guna mengembalikan keseimbangannya, air akan mengisi sel tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan. Dalam kondisi terburuk, hal ini mengakibatkan masalah serius, seperti kejang dan mual.

Gangguan ginjal

Minum terlalu banyak air memicu gangguan ginjal. Pengenceran darah yang terjadi membuat ginjal tidak mampu menyaring sampah dengan baik untuk menjaga keseimbangan natrium. Hal ini menyebabkan kelelahan, mual, dan sering buang air kecil.

Gangguan jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, konsumsi air berlebihan menyebabkan volume darah meningkat sehingga memberatkan kerja jantung. Hal ini berdampak buruk pada peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang bisa berakibat gangguan jantung serius.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini