Punya Rekan Kerja yang Hobi Ngeluh, Begini 5 Cara Menghadapinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 196 2278639 punya-rekan-kerja-yang-hobi-ngeluh-begini-5-cara-menghadapinya-1L1xUeBpfF.jpg Rekan kerja mengeluh (Foto: Capiche)

Siapa sih yang betah berurusan sama orang yang kerjanya hanya mengeluh? Tentu lama-lama Anda menjadi bosan saat berhadapan dengannya.

Orang yang suka mengeluh, terutama di tempat kerja, akan selalu mengeluh bahkan tentang hal yang kecil sekalipun. Mereka kebanyakan terdengar seperti anak-anak yang tidak tahu bagaimana menangani suatu situasi dan akhirnya membual tentang itu.

Jika sudah seperti itu, mereka mungkin bisa merusak mood Anda karena mendengar komplain darinya secara terus-menerus. Anda tidak ingin memiliki rekan kerja yang hobi mengeluh bukan?

Melansir Times of India pada Rabu (16/9/2020), berikut 5 cara menghadapi rekan kerja yang hobi mengeluh.

 rekan kerja mengeluh

1. Meminta mereka lebih bersyukur

Anda perlu memahami mengapa mereka bisa mengeluh sepanjang waktu. Mungkin mereka tidak mendapatkan promosi yang menurut mereka layak. Mungkin mereka merasa tidak dihargai dan ingin segera meninggalkan tempat kerja tetapi tidak bisa karena mereka akan kehilangan pendapatan.

Katakan kepada mereka, mungkin ini saatnya mereka harus lebih bersyukur. Setidaknya mereka masih punya pekerjaan.

2. Bersikap jujur

Banyak pengeluh hanya menginginkan validasi. Hal-hal yang mereka keluhkan sebenarnya adalah hal-hal yang menyebabkan masalah bagi mereka.

Namun jika Anda terus mendengarkan semua keluhan mereka dan akhirnya Anda capek, maka katakan dengan jujur bahwa Anda bosan mendengar keluhannya.

 Baca juga: Gaya Marion Jola Pakai Baju 'Anak TK', Netizen Gusar!

3. Bantu mereka mengidentifikasi perilaku mereka

Ketika seorang pengeluh datang kepada Anda dengan keluhan tertentu, tanyakan dengan tulus apakah mereka membutuhkan nasihat atau hanya ingin melampiaskannya.

Apa yang Anda lakukan di sini adalah Anda membenarkan perasaan mereka tanpa harus setuju dengan apa yang mereka katakan. Mereka akan segera menyadari bahwa mereka hanya melampiaskan dan tidak menginginkan solusi yang tepat untuk masalah mereka dari Anda. Akhirnya, mereka akan mengubah perilaku mereka.

4. Bantu mereka mengenal tanggung jawab

Jika selama ini Anda telah mendengarkan keluh kesah mereka dengan penuh perhatian, mungkin ada saatnya sekarang timbul rasa jenuh. Cobalah untuk memberi nasihat kepada mereka seperti, "Apakah Anda ingin melakukan pekerjaan untuk mengubah situasi Anda atau Anda ingin menerimanya?"

Dengan cara ini, Anda telah mengalihkan tanggung jawab atas penderitaan mereka di pundak mereka sendiri. Mereka mungkin akan memahami apa yang perlu dilakukan dan mencari solusi sendiri.

5. Katakan isi hatimu

Beberapa pengeluh bahkan tidak memerlukan validasi atau dekonstruksi. Mereka ingin terikat dan mereka pikir mengeluh adalah cara untuk berteman.

Jika Anda berurusan dengan pengeluh seperti itu, berterus teranglah kepada mereka dan katakan sesuatu seperti, "Saya ingin bersikap ramah dan melakukan percakapan yang baik. Saya bukan tipe orang yang harus Anda ikat dengan keluhan."

Dengan cara ini, Anda telah melakukan hal yang jujur namun tetap tidak menganggap remeh perilaku mereka. Dan jika mereka mengerti dengan baik, mereka akan menjadi teman baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini