Cemas Bekerja di Tengah Pandemi Covid-19, Ini 5 Cara Mengatasinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 196 2278864 cemas-bekerja-di-tengah-pandemi-covid-19-ini-5-cara-mengatasinya-dMF9cSVMpD.jpg Merasa cemas (Foto: Therive Global)

Di tengah pandemi Covid-19 perusahaan-perusahaan masih membuka kantornya guna menghindari keterpurukan ekonomi. Maka tak heran masih banyak karyawan yang harus pergi ke kantor.

Bekerja di kantor di tengah pandemi Covid-19 juga menimbulkan kekhawatiran para pekerja. Terlebih jika ada pekerja nakal yang tak peduli dengan protokol kesehatan.

Hal ini membuat pekerja lainnya cemas karena takut tertular Covid-19. Lalu bagaimana cara mengurangi rasa cemas akibat bekerja di kantor selama masa pandemi?

 cemas

1. Cari cara untuk mengurangi cemas

Cari cara bagaimana Anda mengurangi cemas dan stres, serta cari cara mengatasinya. Ketika Anda akan berangkat kerja, pikirkan bagaimana cara pergi ke tempat kerja, cara berinteraksi dengan rekan kerja, atau cara Anda makan agar aman dari Covid-19. Perencanaan yang matang akan mengurangi rasa cemas.

2. Bicarakan dengan atasan atau rekan kerjamu

Sebelum Anda mulai bekerja kembali di tempat kerja, tanyakan pada atasan dan rekan kerja bagaimana protokol kesehatan yang ada di tempat kerja guna menjamin keamanan dan kesehatan bersama. Bicarakan juga cara Anda bekerja dan berinteraksi dengan rekan-rekan kerja supaya sesuai dengan protokol kesehatan agar terhindari dari Covid-19.

 

3. Lapor jika terjadi sesuatu

Jika Anda melihat ada rekan yang kurang sehat dan itu membuat Anda cemas, segera bicarakan hal tersebut. Ingat, bicarakan dengan hati-hati agar orang lain tidak tersinggung. Sebab di tengah pandemi Covid-19 rekan yang kurang sehat memang sebaiknya work from home.

4. Beristirahat

Jika Anda merasa cemas dan khawatir di tempat kerja, cobalah untuk beristirahat sejenak. Ambil 10 menit waktu anda untuk menarik napas atau melakukan meditasi singkat. Anda juga bisa mencoba merilekskan pikiran dengan minum teh hangat.

 Baca juga: Gaya Marion Jola Pakai Baju 'Anak TK', Netizen Gusar!

5. Bicarakan kecemasan Anda kepada rekan kerja

Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah curhat dengan ornag yang tepat. Curhatlah kepada rekan Anda tentang rasa cemas Anda, mungkin dia akan memberikan tips mengatasi rasa cemas akibat pandemi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini