Resep Singkong Keju, Camilan Enak untuk WFH

Anabel Lerric, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 23:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 298 2279017 resep-singkong-keju-camilan-enak-untuk-wfh-SB7L931YZE.jpg Singkong keju (Foto : Instagram/@resepsayur)

Singkong disebut juga dengan nama ketela pohon dan ubi kayu, atau istilah ilmiahnya dikenal dengan Manihot Utilissima. Makanan ini sering dijadikan camilan dikala waktu senggang oleh banyak orang. Kalau sekarang, Anda bisa jadikan singkong jadi camilan saat Work From Home (WFH).

Singkong biasa ditemukan di tukang gorengan yang biasa disajikan secara sederhana bersama cabe rawit. Selain umbinya yang dapat diolah menjadi beragam jenis olahan makanan yang lezat, daunnya juga dapat digunakan sayuran atau lalapan yang mengandung banyak zat besi.

Selain digoreng singkong biasanya juga diolah dengan cara direbus, atau dibuat kolak. Salah satu olahan umbi singkong yang patut dicoba adalah olahan singkong keju. Cara membuat singkong keju ini belakangan ini cukup populer di Indonesia karena cita rasanya yang khas.

Kunci kesuksesan dari resep ini adalah rendaman bumbu air es dan digoreng dua kali. Beri parutan keju begitu singkong selesai digoreng untuk kedua kalinya. Yuk simak resep lengkapnya berikut ini yang dikutip Okezone dari akun Instagram @resepsayur.

Bahan:

Singkong Keju

1 kg singkong

Air dingin

Es batu

Keju parut

Bahan bumbu halus:

3 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

Garam

Baca Juga : Gaya Marion Jola Pakai Baju 'Anak TK', Netizen Gusar!

Cara Membuat:

1. Kupas singkong lalu cuci. Potong-potong ukuran sedang.

2. Rendam singkong selama 15 menit, lalu goreng hingga bagian luarnya kering.

3. Blender bawang putih, ketumbar, sedikit garam, dengan air dingin.

4. Masukkan singkong yang sudah digoreng ke dalam air es campuran bumbu. Tunggu sampai singkong merekah.

5. Panaskan minyak banyak. Goreng kembali singkong yang sudah merekah hingga garing di bagian luarnya. Angkat, tiriskan.

6. Sajikan hangat bersama parutan keju dan susu kental manis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini