Mengenal Gizi Mikro, Nutrisi yang Seringkali Diabaikan Orangtua

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 481 2278562 mengenal-gizi-mikro-nutrisi-yang-seringkali-diabaikan-orangtua-MZAcSQB4fW.jpg Wortel sumber vitamin A (Foto: Jessica Gavin)

Gizi mikro merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mendukung tumbuh kembang anak. Karena jumlah yang dibutuhkan sedikit, seringkali orangtua melupakan kebutuhan gizi mikro pada anak.

Corporate Nutritionist Nestle Indonesia Eka Herdiana mengatakan, jika dilihat secara global, ada sekitar 2 miliar orang yang kekurangan gizi mikro. Ia mengatakan, ada 4 gizi mikro yang sudah ditetapkan oleh World Health Organisation (WHO).

 bayam

"WHO menyampaikan bahwa ada 4 standar gizi mikro yang penting dibutuhkan tubuh, yakni zat besi, zink, yodium, serta vitamin A," ujar Eka dalam Webinar Nestle Ideal pada Rabu (16/9/2020).

Sementara itu, di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 50% anak yang kurang mengonsumsi zat besi, 60% kurang mengonsumsi zink, 80% kurang mengonsumsi kalsium, 70% kurang mengonsumsi vitamin A dan C.

Bahkan, meski Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan paparan sinar matahari dengan intensitas yang cukup baik, faktanya masih terdapat sekitar 45% anak kekurangan vitamin D.

Baca juga: Gaya Marion Jola Pakai Baju 'Anak TK', Netizen Gusar!

Oleh karena itu, penting bagi orangtua memenuhi kebutuhan gizi mikro harian anak melalui makanan, vitamin, suplemen, maupun susu. Ini karena tanda-tanda kekurangan gizi mikro pada anak terkadang sulit dikenali orangtua.

"Salah satu tanda kekurangan zat besi membuat anak cepat lelah. Mungkin orangtua berpikir bahwa si kecil terlalu banyak bermain, padahal bisa jadi lelahnya karena kekurangan zat gizi mikro," tandasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini