Ini Akibatnya Bila Orangtua Kurang Penuhi Gizi Mikro pada Anak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 481 2278602 ini-akibatnya-bila-orangtua-kurang-penuhi-gizi-mikro-pada-anak-Y4H1p6zJUF.jpg Ilustrasi (Foto: FirstCry Parenting)

Pemenuhan zat gizi mikro merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Kurangnya asupan vitamin dan mineral ini dapat menimbulkan masalah tersendiri pada anak di kemudian hari.

Menurut WHO, pembagian zat gizi mikro terbagi menjadi 4 macam, yakni zat besi, zink, yodium, serta vitamin A. Walaupun jumlah yang dibutuhkan tubuh tergolong sedikit, namun pemenuhan zat gizi mikro pada anak seringkali diabaikan para orangtua.

Pemerhati kesehatan Lula Kamal mengatakan, walaupun zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh tergolong sedikit, namun kurangnya asupan tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada anak.

"Misalnya kekurangan kalsium, ini dampaknya bisa mempengaruhi tulang ketika anak sudah dewasa, gigi, serta masa otot," ungkap Lula melalui Webinar Nestle Ideal pada Rabu (16/9/2020).

Selain kalsium, ada juga masalah yang ditimbulkan ketika anak kekurangan zat besi. Zat besi merupakan pegangan tubuh untuk membentuk sel darah merah dan hemoglobin (HB).

"Hemoglobin ini yang membawa oksigen ke otak dan ke bagian tubuh lainnya. Jadi ketika anak sulit konsentrasi ataupun mudah lelah, ini karena otak dan tubuhnya kekurangan oksigen. Makanya zat besi sangat penting dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari masalah tersebut," jelasnya.

 Pemenuhan zat gizi mikro merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak.

Baca juga: 4 Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Apa Saja?

Selain zat besi dan kalsium, lanjut Lula, gizi mikro lain yang tak kalah penting dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin A, C, D, dan zink. Zat gizi mikro inilah yang akan memperbaiki daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.

"Vitamin A, C, D, dan zink, semua bergantung pada daya tahan tubuh si anak. Terutama zink, karena berhubungan dengan kesehatan pencernaan," pungkasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini