3 Tanda Anak Alami Kanker Tulang, Yuk Cegah Sejak Dini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 481 2278724 3-tanda-anak-alami-kanker-tulang-yuk-cegah-sejak-dini-QHaMG1F85H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER memang memiliki banyak jenis dan gejala, meskipun rata-rata menyerang orang dewasa. Meski demikian, anak-anak masih memiliki potensi untuk terkena kanker.

Salah satu kanker yang menyerang anak-anak adalah kanker tulang. Paling tidak ada dua kanker yang sering menyerang anak-anak, yakni osteosarcoma dan ewing sarcoma.

Meski pada umumnya kanker tidak selalu langsung menimbulkan masalah berarti, ada beberapa gejala khas yang bisa muncul pada bulan-bulan pertamanya. Melansir Thehealthsite, berikut gejala kanker tulang pada anak.

Tulang terasa sakit atau nyeri

Tanda paling awal dan paling umum yang mungkin menunjukkan bahwa sel kanker telah menyerang tulang adalah rasa nyeri di area tulang sasarannya. Misalnya, osteosarcoma biasanya menyerang tulang kering, tulang paha, dan tulang lengan. Sementara itu, ewing sarcoma lebih sering menyerang tulang belakang, panggul, kaki, dan tangan.

Kanker

Awalnya anak mungkin hanya mengeluhkan ngilu tulang yang rasanya mirip pegal-pegal usai berolahraga atau linu setelah melakukan aktivitas berat lainnya. Lambat laun rasa nyerinya akan makin bertambah parah meski sudah minum obat pereda nyeri dan istirahat.

Muncul benjolan di tulang

Selain rasa nyeri di satu bagian tulang yang spesifik, perhatikan pula apakah ada pembengkakan atau benjolan di area tersebut. Benjolan akibat kanker yang muncul di kaki atau tangan mungkin akan lebih mudah untuk dilihat. Sebaliknya, benjolan kanker yang tumbuh di panggul agak sulit untuk dideteksi sampai telah berukuran cukup besar.

Benjolan kanker tulang bisa disalahartikan sebagai benjol memar karena terbentur benda keras, tapi jika tidak kunjung sembuh setelah diobati bisa jadi ini merupakan gejala kanker tulang pada anak.

Kesulitan berjalan

Sel kanker yang telah jauh berkembang akan menyulitkan anak untuk berjalan normal sehingga membuatnya tampak pincang. Dalam beberapa kasus, tulang cenderung lebih lemah bahkan rentan patah. Ini akibat dari ganasnya sel-sel kanker yang telah melemahkan fungsi tulang.

Selain itu, ada beberapa gejala umum yang biasanya mengikuti. Seperti, anak demam tanpa alasan jelas, kelelahan parah, hingga berat badan kian menurun.

Berbagai gejala kanker tulang pada anak di atas bisa sangat mirip dengan masalah kesehatan lainnya, maka segera konsultasikan ke dokter bila anak Anda terus mengeluhkan kesehatannya belakangan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini