Hati-Hati, Sulit Ejakulasi Bisa Jadi Tanda Kena Kanker Prostat Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 481 2278758 hati-hati-sulit-ejakulasi-bisa-jadi-tanda-kena-kanker-prostat-loh-n4YGgePIcz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kanker memang menjadi salah satu penyakit yang tidak pandang bulu, baik pria maupun wanita. Meski demikian, ada beberapa jenis kanker yang hanya bisa menjangkit orang tertentu.

Salah satunya adalah kanker prostat, yang hanya bisa menyerang kaum Adam. Kanker prostat sering terjadi pada pria yang lebih tua, terutama di atas 50 tahun.

Kanker prostat adalah jenis kanker yang menyerang kelenjar prostat, yang bertanggung jawab untuk mengontrol urine dan sistem reproduksi pria. Kanker ini bisa ditemukan di dalam sel-sel di prostat. Ketika tumbuh, ia dapat menyebar ke area lain seperti kelenjar getah bening.

Tetapi Anda dapat mengetahui apakah ada kemungkinan telah terkena kanker prostat sebelum terlambat. Berikut tanda-tanda yang harus diperhatikan mengenai kanker prostat dilansir dari Yorkfeed.

Pembengkakan pada kaki

Gejala pembengkakan pada kaki setelah kanker masuk ke stadium lanjut. Pembengkakan terjadi sebagai akibat dari infeksi sistem limfatik. Di mana suatu sistem yang berfungsi mengalirkan limfa atau kelenjar getah bening di dalam tubuh.

kanker prostat

Penurunan berat badan

Kehilangan berat badan adalah masalah yang berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan. Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang menyebabkan penurunan berat badan pada pria.

Kadang-kadang, orang mengabaikan penurunan berat badan dan menganggap itu karena latihan dan diet. Namun, penting untuk mengetahui mengapa Anda mengalami penurunan berat badan agar mendapatkan pengobatan yang tepat

Nyeri saat kencing

Jika jaringan di sekitar uretra rusak, urine akan memiliki efek terbakar. Jika Anda biasanya merasakan pengalaman terbakar dari dalam saat buang air kecil, lebih baik pergi ke dokter sedini mungkin.

Nyeri tulang

Bila mengalami rasa sakit pada tulang, terutama panggul, tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang paha bisa jadi ini gejala kanker prostat. Rasa sakit ini disebabkan oleh sel-sel yang terinfeksi sudah menyebar ke tulang di berbagai bagian tubuh dari prostat.

Tidak mampu mengontrol urine

Masalah ini terjadi ketika prostat tumbuh lebih besar sebagai akibat dari bening prostatic hyperplasia (BPH). Kemudian menekan uretra membuatnya menutup. Ini mencegah urine keluar seperti biasa. Akibatnya, Anda juga akan mengalami kesulitan dalam ejakulasi.

Keluarnya darah pada urine

Ketika kanker prostat mulai merusak sel-sel , secara bertahap mulai menyebar ke daerah yang berdekatan. Jaringan dan pembuluh darah yang rusak melepaskan darah ke sistem kemih yang keluar dengan urine atau air mani.

Masalah ereksi

Otot, saraf, dan pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk ereksi terletak di sekitar prostat. Ketika Anda terkena kanker prostat, jaringan dan saraf ini mengalami berbagai fungsi yang terhambat, yang menyebabkan masalah sehingga Anda tidak bisa ereksi seperti dulu.

 

Inkontinensia Urine

Karena prostat bertanggung jawab untuk penanganan dan pengelolaan urine pada pria. Ketika terkena kanker prostat, urine mulai mengalir keluar tanpa sadar. Proses itu adalah yang biasa disebut inkontinensia urine. Ini terjadi karena prostat tidak dapat menutup untuk membatasi aliran urine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini