5 Masalah yang Sering Terjadi saat WFH, Apa Anda Pernah Mengalaminya?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 612 2278569 5-masalah-yang-sering-terjadi-saat-wfh-apa-anda-pernah-mengalaminya-EDSRuAcL8o.jpg Work From Home (Foto: Shutterstock)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. PSBB tahap II itu telah diberlakukan sejak Senin, 14 September lalu.

Akibatnya, para pekerja banyak yang kembali menjalankan aktivitas pekerjaannya di rumah alias work from home (WFH). Saat WFH, biasanya permasalahan yang sering terjadi adalah koneksi internet yang buruk.

Namun, ada juga masalah lain yang banyak terjadi saat para pekerja melaksanakan WFH. Melansir Times of India pada Rabu (16/9/2020), berikut 5 masalah umum yang sering terjadi saat WFH.

 WFH

1. Konektivitas jaringan yang buruk

Sebagian besar penyedia telekomunikasi menghadapi masalah dalam mengatasi tuntutan jaringan yang meningkat. Ini karena semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengonsumsi data online. Ini termasuk kelas akademik online, hiburan serta interaksi sosial selain dari konferensi video.

 

2. Komunikasi yang tidak memadai

Kerja jarak jauh hampir tidak meninggalkan ruang untuk komunikasi antara tim dan manajer. Di tempat kerja, banyak komunikasi terjadi yang dikemas dalam bentuk informal seperti melakukan meeting di kantin.

Tetapi, karena saat ini karyawan bekerja dari rumah, mereka harus mengandalkan pesan, panggilan suara, dan panggilan video.

3. Mengelola anggota tim

Mengelola staf dari jarak jauh adalah tantangan baru bagi para manajer. Ini adalah level tugas baru untuk berkomunikasi, melacak log pekerjaan, tenggat waktu proyek, dan lain sebagainya.

Saat bekerja dari jarak jauh, bagi para manajer perusahaan, waktu karantina ini telah menimbulkan masalah besar dalam hal penanganan tim.

4. Jam kerja bertambah

Sekarang, tidak ada batasan antara kehidupan profesional dan pribadi. Karyawan mengeluh karena harus bekerja lembur atau berjam-jam bahkan selama akhir pekan.

Tidak ada perbedaan yang jelas antara waktu kerja dan waktu rumah. Hal ini pada akhirnya mengakibatkan kesulitan dalam menetapkan rutinitas kerja yang benar.

 Baca juga: Gaya Marion Jola Pakai Baju 'Anak TK', Netizen Gusar!

5. Kesehatan mental yang terganggu

Banyak karyawan belum bisa melepaskan pikiran mereka dalam pekerjaan saat di rumah sajua. Ini membuat stres dan memengaruhi kesehatan mental mereka. Banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan kedamaian pikiran.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini