7 Jenis Makanan Perlu Dikonsumsi Penderita Diabetes

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 298 2279105 7-jenis-makanan-perlu-dikonsumsi-penderita-diabetes-yRmIX1jAA6.jpg (Foto: Boldsky)

Mengonsumsi makanan sehat dapat mengontrol kadar gula darah setiap orang, terutama penderita diabetes. Diabetes adalah suatu kondisi ketika gula darah atau kadar glukosa lebih tinggi dari normal dalam tubuh manusia.

Menyeimbangkan makanan dan memilih makanan sehat dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan mencegah komplikasi di masa depan.

Dilansir dari News 18, berikut adalah daftar beberapa jenis makanan yang dapat dimasukkan dalam tabel makanan Anda untuk membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh:

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau sangat sehat dan penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi penting. Sayuran seperti bayam, kangkung, kubis dan brokoli memiliki lebih sedikit karbohidrat yang meningkatkan kadar gula darah. Sayuran tersebut bisa dimakan sebagai salad, lauk, atau minuman sebagai jus atau sup.

Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Di dalamnya mengandung asam lemak omega-3 yang disebut asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Ikan seperti salmon, mackerel, sarden, tuna dan trout dapat membantu pasien diabetes untuk mengurangi risiko komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

 Mengonsumsi makanan sehat dapat mengontrol kadar gula darah setiap orang, terutama penderita diabetes.

Biji-bijian dan Gandum Utuh

Biji-bijian utuh memiliki tingkat serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian putih. Makan makanan berserat tinggi penting bagi penderita diabetes, karena serat memperlambat proses pencernaan.

Selain itu, dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Beberapa item dari biji-bijian yang dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda adalah nasi merah dan roti gandum, pasta gandum.

Baca juga: Resep Singkong Keju, Camilan Enak untuk WFH

Buah sitrus

Buah jeruk seperti jeruk, anggur dan lemon memiliki efek antidiabetik. Vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah jeruk tanpa perlu khawatir mendapatkan karbohidrat ekstra. Antioksidan seperti hesperidin dan naringin dapat mengatasi efek antidiabetik pada jeruk. Buah jeruk tinggi vitamin C dan kalium.

Berries

Buah beri kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit termasuk penyakit jantung dan kanker. Blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry - semuanya mengandung antioksidan, serat, dan vitamin serta mineral tingkat tinggi lainnya.

Buah ini bisa dimasukkan dalam resep sarapan, dimakan sebagai camilan atau digunakan sebagai buah beri beku dalam smoothie.

Ubi jalar

Ubi jalar memiliki skala GI lebih rendah daripada kentang putih yang merupakan alternatif yang bagus untuk penderita diabetes. Jenis umbian ini juga merupakan sumber serat, vitamin A, vitamin C dan kalium yang bagus.

Ubi jalar bisa dinikmati dengan berbagai cara, antara lain dibakar, direbus, dibakar, atau dihaluskan.

Kacang polong

Kacang adalah pilihan makanan lain bagi penderita diabetes. Protein nabati dapat membuat perut kenyang sekaligus mengurangi asupan karbohidrat. Makan kacang membantu regulasi gula darah dan menjaga tekanan darah dan kolesterol.

Polong juga mengandung zat besi, kalium, dan magnesium. Orang bisa menggunakan kacang dalam salad, sup panas dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini