Resep Tempe Mercon, Dijamin Bikin Makan Siang Makin Nikmat

Vina Destya, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 298 2279201 resep-tempe-mercon-dijamin-bikin-makan-siang-makin-nikmat-NiwUmpc0GE.jpg Tempe mercon (Foto: Inst Rey Chef Mama Muda)

Rasa pedas biasanya identik dengan hidangan yang dibuat menggunakan cabai. Selain rasanya enak, makanan bercita rasa pedas juga dikenal bisa menggugah selera makan.

Meskipun tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, tetapi nyatanya makanan pedas tidak pernah kehilangan peminatnya.

 bahan tempe

Makanan pedas yang selalu menjadi favorit membuat banyak bermunculan variasi-variasi makanan dengan cita rasa pedas. Salah satunya ada hidangan yang diunggah oleh akun Instagram @resepsayur, tempe mercon.

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa hidangan ini berbahan dasar tempe. Selain bahan-bahan yang mudah didapat, langkah-langkah pembuatannya juga mudah, lho.

Berikut Okezone rangkum bahan serta langkah yang pastinya bisa Okezone coba buat di rumah. Yuk kita simak!

 Baca juga: Potret Cantik Angel Karamoy, Janda 4 Tahun yang Penuh Pesona

Bahan-bahan:

-Tempe 1 papan (disarankan tempe yang memiliki ukuran lebih tebal)

-Tepung bumbu instan 1 bungkus

-Air es

-Cabai rawit 12 buah

-Cabai hijau atau merah 3 buah

-Bawang merah 6 siung

-Bawang putih 3 siung

-Tomat 1 buah

-Garam 1 sdt

-Kaldu bubuk 1/2 sdt

-Gula pasir 1 sdt

Cara memasak:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat sambal. Goreng bahan-bahan sambal seperti cabai rawit, cabai hijau atau merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Setelah bahan-bahan tadi mulai layu tiriskan lalu masukan ke dalam ulekan.

2. Haluskan bahan-bahan tersebut sembari menambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Sambal tidak perlu terlalu halus, bisa disesuaikan dengan selera.

3. Selanjutnya potong tempe menjadi bentuk kotak. Belah dua bagian tengah tempe tetapi jangan sampai terputus untuk memasukan sambal. Lakukan hal serupa sampai tempe sudah terisi semua oleh sambal.

4. Kemudian siapkan tepung bumbu instan, campurkan dengan air es secukupnya sampai tepung menjadi lebih kental. Perlu diingat untuk tidak membuatnya terlalu cair. Lalu masukkan tempe, balut keseluruhan bagian tempe dengan tepung.

5. Goreng sampai tempe kuning keemasan. Tempe mercon siap dihidangkan!

Tempe mercon ini bisa dimakan bersama nasi atau pun sebagai cemilan, lho Okezoners. Tertarik kan mencobanya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini